Tips & Trik

Biar Kuat Saat Puasa, Konsumsi Susu

Ilustrasi susu. (sumber;internet)

IDNJurnal - Konsumsi susu saat bulan puasa ternyata sangat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan kalori tubuh selama bepuasa seharian penuh.

Tak hanya itu manfaatnya, konsumsi susu selama bulan puasa juga bisa menjadi cadangan energi. Namun, susu apakah yang bagus dikonsumsi?

"Yang bagus, susu bubuk formula standar yang digunakan untuk menambah kalori. Tapi pada umumnya, semua susu baik dikonsumsi, tergantung kebutuhan," ujar Spesialis Gizi Dian Permatasari, Mgizi, SpGK di acara Ayo Hidup Sehat.

Jika sedang berdiet dan ingin menurunkan berat badan, akan lebih baik pilih susu rendah lemak atau yoghurt. Susu sapi dan susu kambing juga bisa jadi pilihan. Namun perlu diketahui, dibanding susu sapi, susu kambing lebih rendah gula dan rendah protein.

"Kalau untuk jenis susu yang akan diminum, itu terserah pilihan masing-masing," katanya.

Meski susu bisa jadi penambah kalori, perlu diingat, susu hanya makanan tambahan. Saat berbuka dan sahur tetap harus mengonsumsi makanan yang lengkap nutrisinya, ada karbohidratnya, vitamin, mineral, serat dan susu sebagai tambahan.

"Jadi susu tidak dianjurkan untuk jadi makanan utama meski gizinya lengkap. Dan saat bulan puasa ada baiknya konsumsi susu saat berbuka puasa dan sebelum tidur," terangnya.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...