Lingkungan

Paus ini Telan 80 Kantong Plastik Ditemukan Mati di Perairan Thailand

Paus ini ditemukan tewas karena menelan 80 kantong plastik. (sumber ;internet)

BANGKOK - Seekor paus pilot mati di bagian selatan Thailand setelah hewan itu menelan 80 kantong plastik.Sebelum menemui ajalnya, paus itu ditemukan sudah dalam kondisi sakit dan tidak bisa berenang di Kanal Na Thap, pada Senin lalu.

Para petugas perairan Thailand kemudian mencoba menggunakan perahu agar paus tersebut dapat terus mengapung.

Perawatan intensif juga diberikan sepanjang hari, namun nyawa paus itu tak bisa tertolong pada Jumat sore waktu setempat karena rupanya sang paus telah menelan 80 kantong plastik seberat delapan kilogram.

Ahli biologi kelautan, Thon Thamrongnawasawat, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa plastik-plastik menghalangi tubuh paus untuk mencerna makanan.

"Jika ada 80 kantong plastik di tubuh Anda, Anda akan meninggal," ujarnya.

Thailand adalah salah satu negara pengguna kantong plastik terbanyak di dunia. Kantong plastik diyakini telah membunuh ratusan hewan laut di perairan Thailand setiap tahun.

Guna mengatasinya, bulan lalu, pemerintah Thailand mengumumkan bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk menerapkan denda terhadap penggunaan kantong plastik.

Laporan baru-baru ini memperingatkan bahwa jumlah plastik di samudera dapat bertambah tiga kali lipat dalam 10 tahun mendatang, apabila tidak ada langkah serius yang diterapkan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...