Mudik 2018

44.678 Pemudik Diseberangkan dari Pelabuhan Merak

Pelabuhan Bakauheni. (sumber;internet)

SERANG - Arus mudik mulai terasa di Pelabuhan Merak, Banten. Pemudik mulai berdatangan untuk diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, baik penumpang pejalan kaki, roda dua, maupun roda empat.

Berdasarkan data dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak dari Jumat 8 Juni pukul 20.00 WIB hingga Sabtu 9 Juni pukul 08.00 WIB, jumlah penumpang yang berhasil diseberangkan sebanyak 44.678 orang, terdiri atas 6.069 penumpang pejalan kaki dan 38.699 naik kendaraan.

Sedangkan jumlah kendaraan yang sudah diseberangkan ke Sumatera sebanyak 3.064 sepeda motor, 7.953 mobil, 412 bus, dan 2.076 truk.

"Memang sejak jam 11 malam kemarin sampai jam tujuh pagi tadi, kendaraan masih terus mengalir," kata GM PT ASDP Cabang Merak Fahmi Alweni, Sabtu (9/6/2018).

Fahmi menjelaskan, prediksi PT ASDP puncak arus mudik akan terjadi pada H-3 dan H-2 Lebaran nanti. Guna mengurai kepadatan, Pelabuhan Merak mengoperasikan 35 kapal roro (roll on roll off) dan enam dermaga. Khusus dermaga enam diprioritaskan untuk pemudik roda dua.

Berdasarkan pantauan, kondisi di Pelabuhan Merak siang ini mulai lengang, meskipun kendaraan roda empat dan truk mendominasi di area parkir dermaga. Sebab, truk pada H-4 sudah dilarang menyebrang.

Sedangkan penumpang pejalan kaki mulai ramai. Terlihat gangway menuju kapal mulai dipadati penumpang dengan membawa barang bawaannnya.

Sementara di Gerbang Tol Merak, kendaran yang akan menuju Pelabuhan Merak tidak terjadi antrean panjang. PT MMS masih mengoperasikan tiga loket, loket tandem dioperasikan bila mana sudah terjadi antrean panjang.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...