Mudik 2018

Resmi Beroperasi, Tol di Sumut Gratis Selama Mudik

Ilustrasi jalan Tol di Sumut. (sumber;internet)

MEDAN - Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 1 Tanjung Morawa-Parbarakan resmi dioperasikan pada Senin 11 Juni 2018. Jalan tol sepanjang 10,75 kilometer itu digratiskan atau tidak dipungut biaya selama arus mudik Lebaran Idul Fitri 2018.

Gubernur Sumatra Utara, Tengku Erry Nuradi mengatakan, peresmian ruas tol itu adalah kado bagi masyarakat setempat. Masyarakat dapat menikmati ruas jalan tol secara gratis selama lima hari sebelum Lebaran dan lima hari setelahnya.

“Selama uji coba tol ini akan diberikan gratis. Ini merupakan kado Lebaran bagi masyarakat Sumut yang memanfaatkan jalan tol ini,” katanya kepada wartawan.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Erry Nuradi yang didampingi Dirut PT Jasa Marga Kualanamu Tol Agus Suharjanto, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional II Medan Paul Ames Halomoan Siahaan, dan Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Setdaprovsu Ibnu Sri Hutomo.

Pengoperasian Tol Tanjung Morawa–Parbarakan diharapkan dapat memperlancar arus mudik Lebaran tahun ini. Soalnya Tol Tanjung Morawa-Parbarakan melengkapi Seksi 2-6 Kualanamu-Sei Rampah sepanjang 41,6 kilometer.

Selain itu, menurut Erry, dengan dibukanya Tol Tanjung Morawa–Parbarakan, masyarakat yang akan menggunakan jalan tol menuju Kualanamu telah memiliki pilihan. “Tidak harus keluar dulu dari tol Tanjung-Morawa, melainkan bisa langsung ke Kualanamu,” ujarnya.

Agus Suharjanto mengatakan, dengan difungsikannya tol Tanjung Morawa–Parbarakan diharapkan dapat membantu masyarakat untuk arus mudik maupun arus balik. Tol itu juga bisa mengurai kemacetan saat arus mudik berlangsung di Sumut.

Jasa Marga selama arus mudik dan arus balik telah mempersiapkan kendaraan patroli dan ambulan serta semua sarana penunjang. “Sehingga, diharapkan dapat memperlancar masyarakat dalam melaksanakan mudik maupun balik dalam rangka liburan,” katanya.

Selama arus mudik dan arus balik mudik Lebaran, Tol Tanjung Morawa-Parbarakan belum dikenakan tarif. “Khususnya Tol Tanjung Morawa-Parbarakan ini, H-5 sampai H+5 Lebaran belum dikenakan tarif. Selanjutnya, tarifnya sama dengan Kualanamu-Sei Rampah,” kata Agus.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...