Destinasi Wisata

Berkat 'Manusia Super', Bintan Semakin Go International

Ilustrasi Ironman 70.3 di Bintan. (sumber;internet)

BINTAN - Pertandingan manusia super atau Ironman di Bintan membuat daerah kabupaten yang termasuk dalam Kepulauan Riau tersebut semakin dikenal wisatawan mancanegara. Tahun ini, Ironman 70.3 2018 diadakan pada Sabtu-Minggu, 18-19 Agustus 2018 mendatang.

Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya menjelaskan penyelenggaraan event sport teh tourism internasional seperti Ironman 70.3 Bintan memiliki dua dampak, langsung dan tidak langsung. Dampak langsungnya kedatangan wisatawan mancanegara sebagai peserta dan para pendukungnya, sedangkan dampak tidak langsung berupa pemberitaan yang luas ke mancanegara.

"Bintan merupakan salah satu pulau dan kabupaten di Kepulauan Riau yang dihuni penduduk sebanyak 160ribu jiwa. Jumlah wisatawan mancanegara pada 2017 sekira 20.51persen meningkat dari 2016, pada 2018 jumlah wisatawan mancanegara sekitar Januari-Juni pun naik lagi sekira 27 persen dibanding tahun lalu," jelas Luki Zaiman Prawira, Kadispar Bintan pada Konferensi Pers Ironman 70.3 di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kemarin.

Lanjut Luki, beberapa hari lalu Bintan mendapat kunjungan perdana dari kapal pesiar, yang rutin berlabuh di sana setiap pekan. Kapal pesiar tersebut menurut Luki mengangkut sekira 1.500 wisatawan mancanegara dalam sekali perjalanan.

Dalam membangun dan mengembangkan Bintan, Luki mengikuti pedoman Menteri Pariwisata Arief Yahya dengan mengedepankan 3A yang dimulai dengan aksesibilitas. Kini Bintan memiliki pelabuhan ferry internasional sebagai pintu masuk wisatawan mancanegara.

Tidak cukup sampai di situ saja, dibangun pula marina yacht, yang bisa dilabuhkan lebih dari 100 yacht di Bintan selama 1 tahun. Bintan pun rencananya akan membangun bandara internasional yang pada 2020 selesai dibangun dan segera beroperasi.

"Pertumbuhan hotel dan resort pun meningkat, ada pembangunan reosrt baru, investasi meningkat sehingga investor lebih percaya lagi berinvestasi di Bintan. Ada juga sebuah kapal yang akan dijadikan hotel sudah berada di Bintan saat ini sedang direnov untuk pembuatan hotel," tandas Luki.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...