Food

Destinasi Kuliner Indonesia : Bandung, Bali dan Yogya

Ilustrasi kuliner nusantara. (sumber;internet)
JAKARTA - Soal kuliner, Indonesia adalah rajanya. Namun untuk destinasi wisata kuliner, Kementerian Pariwisata Indonesia menetapkan Bali, Bandung dan Yogyakarta adalah yang teratas. 
 
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan tiga daerah tersebut dipilih lantaran pertimbangan culture dan komersial. Tidak hanya itu, saat ini porsi kuliner pemberi kontribusi nomor satu dalam ekonomi kreatif di Indonesia. 
 
"Untuk itu kami menetapkan tiga destinasi wisata kuliner Indonesia, seperti Bali, Bandung dan Yogyakarta," ujar Arief Yahya. Tahun 2014 sampai awal 2015 dari kontribusi ekonomi kreatif sebanyak 7 persen dari PDB, sekitar 32 persen disumbang dari kuliner dan nomor dua masih ditempati oleh fesyen dan nomor tiga oleh craft atau kriya. 
 
Bahkan data tahun 2017 yang dilaporkan tahun 2018, kuliner melompat cukup tinggi kontribusi naik menjadi 42 persen dari ekonomi reatif Indonesia.  Sementara, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata RI, Vita Datau Messakh mengatakan bahwa destinasi yang ditetapkan berdasar dari hasil tim yang dibentuk tahun 2015. 
 
Seluruh tim bekerja selama setahun untuk menilai destinasi kulinernya agar cukup didengar secara luas. Selain itu, agar semakin gencar, Kementerian Pariwisata pun melakukan MoU dengan pemda setempat untuk memfollow up penetapan destinasi wisata kuliner tersebut.
 
"Kalau sudah dietapkan jadi destinasi wisata kuliner tidak ada follow up buat kami itu sia-sia. Komitmen pemda cukup tinggi yakni 35 persen dan itu sebabnya semua destinasi yang sudah ditetapkan MoU tidak bisa didiamkan harus ada follow up nya. Tahun 2016 ditetapkan, dikerjakan follow up nya dan  disertifikasi oleh Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO)," kata Vita.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...