Trashod

Durian Tanam Kayu, Si Kuning Emas Gurih dan Lezat dari Sumbar

sumber : internet

FOOD - Sumatera Barat memang terkenal dengan wisatanya, mulai dari alamnya sampai kuliner. Stu diantara kuliner terbaik adalah Durian Kayu Tanam, yang hanya terdapat di Kecamatan 2x11 Enam Lingkun, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Roslaini (60) atau yang akrab dipanggil dengan Lai, warga Desa Kayu Tanam menyebutkan di Sumatera Barat ini hanya dua kelezatan duriannya, di Kayu Tanam dan Barung-Barung Balantai yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan.

Ciri khas untuk durian Kayu Tanam bentuknya lonjong ada juga yang bulat, namun saat matang, isi durian bewarna kuning emas atau mirip kuning tembaga. “Isinya tebal tidak tipis, kalau dimakan rasa gurih dan lezat sedikit ada rasa manisnya,” ungkapnya.

Loading...

Lai menambahkan untuk panen raya diperkirakan satu bulan selesai Idul Fitri nanti, kalau sudah panen raya harga durian Kayu Tanam ini murah Rp10 ribu sampai Rp30 ribu. “Kalau sekarang harganya Rp20 ribu paling kecil dan Rp50 ribu paling besar. Ada 10 batang durian di kebunku saat ini semuanya tengah berbunga,” tuturnya. 

Keunggulan durian di sini selain isi tebal dan enak durian juga tidak diperam tapi jatuh dari batangnya lantaran sudah masak. “Kan ada juga yang memeram, itu hasilnya ngak bagus dan tidak enak kadang masih mudah sehingga rasanya tidak enak,” ujarnya.

Daerah Kayu Tanam itu berjarak lebih kurang 40 kilometer dari Kota Padang. Daerahnya juga tidak sulit dijangkau karena berada di jalan Padang-Bukittinggi saat melintasi wilayah Kabupaten Padang Pariaman. ayo ke Sumbar! 



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...