News

Lahan Sawit Terbakar, 20 Rumah Warga Riau Hangus

ilustrasi (sumber;internet)

PEKANBARU - Kebakaran lahan terjadi di Desa Tanjung Leban, Kubu, Rohil, Riau menghanguskan 20 rumah dan pondok. Kini warga pun terpaksa mengungsi.

"Kebakaran lahan telah merembet hingga ke pemukiman penduduk. Ada 20 rumah dan pondok di tiga dusun kami yang terbakar," kata Kades Tanjung Leban, Hayatul Gamal, Kamis (16/8/2018).

Dia menjelaskan, karena ada rumah penduduk yang ikut terbakar, terpaksa harus mengungsi ke rumah sanak familinya.

"Kami lagi mendata berapa jiwa yang mengungsi akibat kebakaran lahan ini. Karena laporan dari tiga kepala dusun, ada warga yang mengungsi karena rumahnya terbakar," kata Gamal.

Pondok di perkebunan sawit dan perladangan masyarakat juga tak luput terbakar. Pondok ini biasanya dihuni pemiliknya saat akan panen saja.

"Pondok-pondok di tengah perkebunan sawit banyak yang terbakar. Saat api membakar, pemiliknya ada yang tidak berada di tempat," kata Gamal.

Kebakaran lahan ini dimulai sejak Senin (13/8/2018) lalu. Namun kobaran api dari lahan gambut terus merembet hingga ke perkebunan sawit, perladangan dan pemukiman penduduk.

"Warga desa dan tim BPBD Rohil tak mampu menghadang kobaran api. Angin sangat kencang, sehingga sulit untuk melakukan pemadamanan," kata Gamal.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...