Kabar Wisata

Jalur Pendakian Puncak Gunung Lawu Ditutup, Ini Sebabnya

Puncak gunung Lawu di Magetan.(sumber:internet)

MAGETAN - Jalur pendakian ke puncak Gunung Lawu di Magetan, Jawa Timur, ditutup sejak Jumat dini hari akibat terjadi kebakaran di sekitar pos lima jalur pendakian Cemoro Sewu, dekat puncak Gunung Lawu.

Seorang pendaki asal Yogyakarta, Anton, menceritakan akibat jalur yang ditutup ia pun gagal merayakan Hari Kemerdekaan RI di puncak gunung tersebut. 

"Rencana saya akan mendaki puncak Lawu melalui jalur pendakian Candi Cetho. Namun jalur ditutup, alasannya ada kebakaran di sekitar pos lima jalur pendakian Cemoro Sewu. Maka saya langsung ke Cemoro Sewu untuk mencari informasi yang sebenarnya," ujar Anton di depan gerbang jalur pendakian Cemoro Sewu, Jumat (17/8/2018).

Sebelum ke Cemoro Sewu, katanya, Anton sempat mendatangi gerbang jalur pendakian Cemoro Kandang di Karanganyar.

"Sebelum ke sini, saya tadi sempat mampir ke Cemoro Kandang. Di sana, jalur pendakian juga ditutup karena alasan adanya kebakaran," katanya.

Selain Anton, puluhan pendaki dari berbagai daerah seperti dari Purwokerto, Solo, Jawa Tengah, Madiun dan Ngawi pun tertahan di gerbang jalur pendakian Cemoro Sewu karena penutupan jalur tersebut. Seorang petugas penjaga loket, Suparman mengatakan untuk sementara jalur pendakian ditutup demi keamanan pendaki.

"Jalur ditutup sementara, karena terjadi kebakaran. Sewaktu-waktu bila kondisi sudah aman, akan dibuka kembali," jelas Suparman.

Penutupan jalur pendakian Cemoro Sewu, kata dia, dilakukan sejak Jumat dini hari. Menurut Suparman, jumlah pendaki puncak Gunung Lawu melalui Cemoro Sewu sejak Kamis lalu mencapai sekitar 1.500 orang.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...