Tech

Terungap, ini Penyebab Pembukaan AG2018 Mendunia

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Selama upacara pembukaan atau opening ceremony Asian Games 2018, keriuhan tak hanya terasa di dalam stadion, tetapi di dunia maya. Salah satu jejaring sosial, Twitter, mencatat kehadiran satu juta tweet, dan tagar #OpeningCeremonyAsianGames2018 berada pada peringkat nomor 1 trending topic dunia.
 
Gelaran pembukaan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta ini melesat mendunia, tak lain karena peran konektivitas WiFi yang beberapa saat lalu dijanjikan bakal setara dengan stadion Camp Nou dan Santiago Bernabeu di Spanyol.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengapresiasi kehadiran akses WiFi dengan kecepatan mumpuni yang hadir sepanjang upacara pembukaan Asian Games 2018 pada Sabtu (18/08/2018) malam.
 
"Sejauh ini berdasarkan pengalaman saya menghadiri banyak multi event, cukup bagus (kinerja WiFi)," ungkap Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S. Dewa Broto di Jakarta, Ahad (19/08/2018). 
 
Menurutnya, di era digital sekarang, kehadiran konektivitas internet untuk sebuah kegiatan besar tak bisa dihindari. 
 
"Minimal orang ingin  berkomunikasi atau eksis di media sosial. Semalam saya coba kapasitas bandwidth untuk melayani warganet yang tengah berada di Gelora Bung Karno. Hasilnya lumayan optimal," katanya.
 
Ditambahkannya, salah satu yang mendukung kelancaran selain faktor teknis adalah karena Kemenpora sudah mengingatkan jauh-jauh hari kepada warganet selama di Gelora Bung Karno untuk menggunakan recommended network. 
 
"Mereka baru sadar bahwa ada WiFi network untuk aktivitas itu, dan akhirnya acara seremoni Asian Games 2018 di media sosial seperti Instagram dan Twitter muncul mendunia," tandasnya.
 
Direktur Pembangunan dan Pembangunan Usaha PPK GBK, Gatot Tetuko dalam video testimoninya usai upacara pembukaan Asian Games 2018 menyatakan ketika dirinya mencoba layanan WiFi yang disediakan Telkom selama acara berlangsung berhasil memperoleh kecepatan yang memuaskan.
 
"Tadi saya coba ketika sedang ramai (pengakses), hasilnya download dan upload kencang. Selamat buat Telkom yang memastikan kualitas layanan terjaga untuk nama baik bangsa," ujarnya.
 
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) adalah Official Prestige Telco Partner Asian Games 2018. Selama Asian Games ini berlangsung, TelkomGroup mendukung Games Management System (GMS) dengan infrastruktur Wide Area Network (WAN) berteknologi fiber optic.

Selain itu, TelkomGroup juga memenuhi kebutuhan broadcasting bagi para jurnalis mancanegara dengan menyediakan 8 unit satellite news gathering (SNG) di area media center, baik di Jakarta maupun Palembang.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...