Riset

Orang Cerdas Cenderung Suka Mengumpat?

Ilustasi (sumber;internet)

IDNJurnal - Orang cerdas cenderung lebih mudah mengumpat dan mengucapkan sumpah serapah dibandingkan mereka yang memiliki IQ rata-rata, demikian menurut hasil sebuah penelitian.

Para peneliti dari University of Rochester telah menanyai 1.000 orang mengenai 400 perilaku yang kerap mereka lakukan, dan menemukan hubungan yang kuat antara tingkat kecerdasan dan kecenderungan mengumpat. Mereka yang memiliki kecerdasan lebih tinggi diketahui lebih mungkin untuk mengumpat.

Hasil temuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal Personality and Individual Difference. Penelitian lain sebelumnya menemukan bahwa orang-orang yang dapat menyebutkan kata-kata makian dalam waktu satu menit cenderung memiliki skor IQ lebih tinggi.

Tapi, seperti dilansir dari The Independent, ada hasil penelitian lain yang menunjukkan sisi positif mengumpat. Psikolog dari Universitas Keele melakukan tes pada beberapa responden dan meminta mereka untuk mengumpat sebelum melakukan olahraga bersepeda atau meremas perangkat yang mengukur kekuatan genggaman tangan. 

Dalam kedua situasi tersebut, diketahui bahwa mengumpat dengan kata kasar menghasilkan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan dengan mengucapkan kata-kata netral. “Kami tahu dari penelitian kami sebelumnya bahwa mengumpat juga membuat orang lebih bisa menahan rasa sakit," terang Pemimpin tim penelitian, Dr Richard Stephens/

Alasan yang paling mungkin untuk ini adalah bahwa mengumpat akan merangsang sistem saraf simpatetik tubuh, yaitu sistem yang membuat jantung Anda berdebar ketika Anda berada dalam bahaya. Meski begitu, jangan jadikan hasil penelitian ini sebagai pembenaran untuk mengumpat atau bersumpah serapah, ya!




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...