News

Layanan Emergency Call 112 Segera Diluncurkan di Pekanbaru

Ilustrasi. (sumber;internet)

PEKANBARU - Program layanan emergency untuk seluruh masyarakat Kota Pekanbaru segera diluncurkan oleh Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru.

Dimana layanan panggilan darurat 112 ini merupakan program yang bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Masyarakat bisa menghubungi 112 jika sedang mengalami insiden seperti kebakaran, Kecelakaan, banjir dan lain sebagainya.

Program ini Ditargetkan akan mulai berjalan pada November mendatang. Pekanbaru menjadi kota ke-19 yang menerapkan program layanan call center 112 di Indonesia.
Hal ini disampaikan oleh Kepala Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra. Ia mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan pematangan sebelum nantinya meluncurkan program layanan ini ke masyarakat.

Pihaknya juga mempersiapkan SDM handal untuk dijadikan operator dan agen dalam program layanan tersebut. Sejauh ini Diskominfo telah siap untuk perangkat dasar berupa sejumlah komputer dan aplikasi yang terintegrasi langsung dengan operator komunikasi.

"Diskominfo akan menggandeng pihak rekanan dari Jakarta yang dalam hal ini tim solusi 168 untuk dapat membantu melatih operator call center Pekanbaru 112 dalam bekerja merespon tanggap darurat cepat. Untuk di Pekanbaru ada 7 operator komunikasi yang akan kita minta membuka akses sistem aplikasi call center. Kemudian nanti perangkat komunikasinya juga akan kita persiapkan," ujarnya.

Eka juga mengatakan layanan call center yang sebelumnya sudah ada pada beberapa instansi yang menggunakan nomor tertentu, tidak akan dihapus atau dinonaktifkan jika masih ada masyarakat yang menghubungi nomor tersebut. Misalnya call center pada instansi kepolisian (110), Basarnas (115), Damkar (113), Kesehatan (119), dan Ambulan (118).

"Jadi, layanan call center Pekanbaru 112 ini kita jadikan satu nomor tunggal yang mudah diingat masyarakat, dan layanan ini menerima semua pengaduan yang akan terintegrasi dengan beberapa leading sektor," jelasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...