Health

Payudara Besar atau Kecil Yang Lebih Berisiko Kanker, Ini Jawabannya

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Wanita mungkin memiliki risiko terhadap kanker payudara dibandingkan pria. Namun bagaimana dengan ukuran payudara, ya? Mungkin kita sering mendengar anggapan bahwa payudara besar berisiko terkena kanker payudara. Apakah ukuran payudara memang memengaruhi risiko kanker payudara?

Payudara Besar Lebih Berisiko Terkena Kanker
Para ilmuwan telah lama mengetahui faktor tertentu, seperti kepadatan dan bentuk asimetris ternyata memiliki hubungan dengan risiko kanker payudara. Dikutip dari everydayhealth.com, para peneliti melihat data pada 16.000 wanita keturunan Eropa yang merupakan pelanggan dari salah satu perusahaan uji genetik di California, Amerika Serikat.

Para wanita ini telah mengisi survei tentang ukuran bra, usia, keturunan genetik, dan riwayat kesehatan pribadi. Selain itu, dalam penelitian yang dipublikasikan secara online di BMC Medical Genetics, disebutkan bahwa faktor genetik yang para peneliti temukan mendukung konsep bahwa ukuran payudara dengan kanker payudara memiliki keterkaitan.

"Beberapa penelitian telah menemukan bahwa ukuran payudara yang lebih besar pada wanita muda memiliki hubungan risiko terkena kanker payudara yang sedikit lebih tinggi,” jelas salah satu peneliti sekaligus penulis utama, Nicholas Eriksson, Ph.D., dalam penelitian tersebut.

Dua penelitian sebelumnya menunjukkan hubungan antara ukuran payudara dengan risiko kanker. Pada penelitian pertama yang dipublikasikan di International Journal of Cancer, peneliti dari Harvard menemukan bahwa wanita dengan ukuran bra D atau lebih besar memiliki hampir 2 kali risiko kanker, daripada wanita yang menggunakan bra berukuran lebih kecil.

Meski penelitian menunjukkan hasil demikian, kanker payudara merupakan kondisi kompleks yang berhubungan dengan berbagai faktor risiko. Dikutip dari cdc.gov, tidak hanya ukuran, kanker payudara dapat terjadi dengan berbagai kombinasi faktor risiko. Oleh karena itu, kalau Kamu memiliki faktor risiko, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan cara terbaik menurunkan risikonya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...