Ekonomi

PLN WRKR Klaim Rasio Desa Berlistrik di Provinsi Riau 93,01%

ilustrasi (sumber;internet)

PEKANBARU - Dalam rangka merayakan Hari Listrik Nasional ke-73, PT PLN (Persero) memberikan hadiah kepada Provinsi Riau berupa Peresmian Listrik Desa 35 Lokasi di Provinsi Riau, yang dipusatkan di Desa Tumang, Kecamatan Siak Kabupaten Siak.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, M Irwansyah Putra, mengatakan, peresmian tersebut menandakan bahwa telah beroperasinya Jaringan Tegangan Menengah, Jaringan Tegangan Rendah dan Saluran Listrik Pelayanan Rumah yang telah selesai dibangun. Termasuk juga telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) untuk mengalirkan listrik PLN ke rumah-rumah warga di 35 desa di Riau.

Ia mengatakan, 35 desa yang diresmikan tersebut tersebar di 6 kabupaten, yakni Indragiri Hilir 19 Desa, Indragiri Hulu 2 desa, Rokan Hulu 5 Desa, Rokan Hilir 2 Desa, Bengkalis 1 desa dan Siak 6 desa.

Dengan beroperasinya infrastruktur kelistrikan pada 35 Desa tersebut tentunya meningkatkan Rasio Elektrifikasi dan Rasio Desa Berlistrik di Provinsi Riau.

Jumlah Desa yang sudah berlistrik di provinsi Riau menjadi 1.729 dari 1.859 jumlah desa yang ada di Provinsi Riau. Sehingga Rasio Desa Berlistrik di Provinsi Riau saat ini sebesar 93,01 persen. Artinya masih ada 130 desa yang belum berlistrik.

Ia menambahkan, dengan sinergitas antara PLN, pemerintah daerah dan masyarakat dapat mewujudkan program nawacita presiden. Dengan waktu yang tidak lama lagi, dimana 100 persen Desa Berlistrik di Provinsi Riau dapat direalisasikan pada tahun 2019.

"Semoga dengan bertambahnya desa berlistrik di Provinsi Riau akan lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau Pada umumnya dan Desa tersebut pada Khususnya," ujar Irwansyah.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...