Eksbis

Tiket Pesawat Turun 50%, Ternyata ini Faktanya

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Kebijakan diskon 50% tiket pesawat untuk penerbangan berbiaya hemat dinilai ampuh menurunkan harga yang selama ini tinggi. Kini masyarakat sudah bisa kembali menikmati tiket pesawat Jakarta-Yogyakarta dengan harga sekira Rp400.000 per orang.

Adapun kebijakan diskon diberikan pada hari dan jam tertentu. Seperti, Selasa, Kamis dan Sabtu pada pukul 10.00 hingga 14.00 waktu setempat. Berikut beberapa fakta-fakta mengenai terealisasinya tiket pesawat murah, Sabtu (13/7/2019):

1. Evaluasi Diskon 50% Dilakukan Sebulan Sekali
Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono menyatakan, evaluasi penerapan kebijakan akan dilakukan sebulan sekali, sedangkan evaluasi secara teknis akan dilakukan setiap minggunya.

Evaluasi ini melibatkan tujuh pemangku kebijakan, yakni pemerintah, pihak maskapai yakni Citilink dan Lion Air, pihak operator bandara yakni Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II, AirNav Indonesia, serta Pertamina sebagai penyedia avtur.

Menurutnya, evaluasi perlu dilakukan mengingat harga avtur, yang merupakan salah satu struktur penyusunan tarif tiket pesawat, mengalami perubahan bergantung harga global.

 2. Citilink Vs Lion Air
Untuk penerbangan Selasa 16 Juli pukul 13.20 WIB, dengan Pesawat Citilink harga tiket yang dijual sebesar Rp738.993 per orang. Sedangkan Senin 15 Juli atau hari yang tidak diberlakukan diskon, penerbangan Jakarta-Bali pada 13.20 WIB sebesar Rp1.407.600 per orang.

Kemudian untuk penerbangan dari Bandara Soetta menuju Yogyakarta, pada Selasa 16 Juli pukul 12.45 WIB, harga tiket pesawat dijual Rp472.050 per orang. Sedangkan pada Rabu 17 Juli atau hari di mana tidak diberlakukan diskon, untuk penerbangan 12.45 WIB dijual Rp874.100 per orang.

Untuk penerbangan Lion Air dari Jakarta menuju Bali pada Selasa 16 Juli pukul 13.30 WIB, harga tiket yang dijual sebesar Rp1.150.000. Di luar jadwal diskon, seperti Senin 15 Juli, harga tiket pesawat untuk penerbangan 13.30 dijual dengan harga yang sama sebesar Rp1.150.000.

3. Rute Penerbangan yang Diskon
Citilink Indonesia akan mengalokasikan 3.348 kursi dengan 62 penerbangan yang akan mengalami penyesuaian harga ini setiap harinya. Adapun rute-rute yang mengalami penyesuaian harga tiket di antaranya adalah rute Jakarta – Medan pp, Jakarta – Yogyakarta pp, Makassar – Surabaya pp, Jakarta – Denpasar pp, Balikpapan – Denpasar pp, Surabaya – Banjarmasin pp, Jakarta – Solo pp, Jakarta – Malang pp, Batam – Pekanbaru pp, Jakarta – Pangkal Pinang pp, Jakarta – Bengkulu, Kertajati – Pekanbaru, Medan – Yogyakarta dan berbagai rute lainnya.

Vice President Corporate Secretary & CSR Citilink Indonesia, Resty Kusandarina, mengatakan, setelah diumumkan melalui rilis dari Kemenko, dalam dua jam harga tiket yang sedianya mendapat diskon tarif hingga 50% langsung habis.

4. Diskon Tarif Tak Untungkan Pebisnis
Menurut Pengamat Penerbangan Gatot Raharjo, diskon ini tidak akan mengakomodir orang yang akan berpergian untuk berbisnis. Sebab kebanyakan orang yang akan berpergian untuk urusan bisnis pasti akan memilih penerbangan pagi.

“Bagi orang bisnis, ya tidak masuk akal. Kalau jarak jauh umpama ke Indonesia Timur, biasanya berangkat malam, sampai tujuan pagi, terus lanjut aktivitas,” ujarnya.

Para pebisnis ini biasanya mengejar penerbangan paling pagi agar bisa langsung beraktivitas. Tak hanya pebisnis beberapa pekerja juga biasanya akan mengejar penerbangan paling pagi dengan alasan mereka bisa langsung bekerja ketika sampai di kota tujuan.

5. Penerbangan ke Batam dan Yogyakarta Ludes
Diskon tarif pesawat yang mulai diberlakukan kemarin di sambut antusias oleh masyarakat. Buktinya, dua jam setelah resmi diberlakukan pada pukul 00.00 WIB, tiket pesawat untuk rute favorit seperti Batam dan Yogyakarta habis terjual.

Dalam program tiket murah tersebut dua maskapai, Lion Air dan Citilink, menurunkan tarif pesawat dengan diskon hingga 50%. Tiket promo ditawarkan terbatas pada Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 10.00 dan 14.00 WIB.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...