News

Begini Cara Pramuka Pekanbaru Tangkal Hoax

Pimpinan umun IDNJurnal.com Adrian eko menjadi pemateri dalam pelatihan jurnalistik yang digelar DKC Pekanbaru, Sabtu (24/11/2018)

PEKANBARU - Dewasa ini, ancaman berita dan informasi Hoax sangat luas.  Bahkan tak jarang pengguna media sosial 'terjebak' dalam aktifitas penyebaran hoax tersebut sampai terjerat hukum. Terbaru, beberapa akun media sosial harus berurusan dengan aparat hukum karena ikut menyebarkan hoax. Tapi gerakan Pramuka di Pekanbaru punya cara jita mengangkal Hoax. Bagaimana caranya? 

Caranya dengan menaja pelatihan jurnalistik untuk anggota pramuka penegak pandega se Kota Pekanbaru oleh DKC Kota Pekanbaru. Dengan mengetahui bahkan mengaplikasikan ilmu jurnalis praktis, anggota pramuka ini bisa menangkal penyebaran hoax atau berita palsu tersebut. 

"Kegiatan ini untuk memperoleh ilmu terkait aktifitas jurnalistik. Ini juga mengambil semangat tagar Setiap Pramuka adalah Kantor Berita. Kami berharap kegiatan ini bermanfaat tidak hanya kepada peserta, tapi juga lingkungannya terutama Pramuka," terang Raka selaku Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Kota Pekanbaru di Kwartir Cabang Kota Pekanbaru, Sabtu (24/11/2018).

Sebagai pemateri, DKC mengundang purna Pramuka yang kompeten dibidang jurnalistik maupun media. Beberapa materi yang disampaikan adalah dasar-dasar jurnalistik oleh Abbas yang merupakan Pemred Koran Riau yang juga Dosen, Fotografi oleh Herry Budiansyah dan tema menulis berita secara sederhana oleh Pimpinan Umum IDNJurnal.com, Adrian Eko.  

Materi yang diberikan oleh pada ahli tersebut tidak hanya sekedar teoritis. Peserta juga diajak mengapilikasikan secara sederhana masing-materi. Bahkan, meski materi diberikab pada malam hari, semangat peserta dalam pembuatan berita sangat antusias. 

"Harapan kami, ilmu ini bisa diterapkan dikehidupan mereka, dilingkungan mereka dan mereka menjadi pioner dalam menangkal penyebaran Hoax. Dan paling penting, informasi yang mereka berikan nanti bermanfaat untuk semua orang. Sesuai dengan semangat kita, setiap pramuka adalah kantor berita," harap Indra Santos, salah saorang Andalan Cabang Kwarcab Pekanbaru.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...