Health

Cegah Usus Buntuk Dengan 5 Langkah Mudah ini

Ilustrasi Usus buntu. (sumber;internet)

PEKANBARU - Penyakit usus buntu merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup umum terjadi dan cukup membahayakan. Usus buntu terletak pada bagian kanan perut, sehingga rasa nyerinya pun akan terjadi pada bagian tersebut.

Penyakit usus buntu juga berpotensi memicu komplikasi yang serius. Untuk mengobati usus buntu harus dilakukan melalui konsultasi atau tindakan medis. Yaitu dengan melakukan operasi pengangkatan usus buntu, umumnya kondisi ini juga tidak memengaruhi kondisi kesehatan.

Untuk itu, sebelum Anda mengalami masalah penyakit usus buntu sebaiknya cegahlah terlebih dahulu. Nah, di bawah ini terdapat beberapa cara atau langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan penyakit usus buntu. Diantaranya :

1. Jangan Menunda Buang Air Besar
Kedengarannya, menunda buang air besar memang sepele, namun pada kenyataannya orang yang suka menunda BAB akan lebih berisiko mengalami sembelit.

Sembelit bisa terjadi akibat kerasnya feses yang bisa berkaitan dengan timbulnya usus buntu. Maka untuk mencegah hal itu, segeralah buang air besar ketika ada dorongan.

2. Lebih Banyak Minum Air Putih
Cara paling mudah untuk mencegah usus buntu ialah dengan mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh. Untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit bisa dilakukan dengan lebih banyak mengonsumsi air putih.

Dengan banyaknya cairan di dalam tubuh tidak akan membuat feses menjadi keras. Terlebih lagi, bagi Anda yang duduk berlama-lama di depan komputer juga rentan mengalami sembelit. Sehingga diharuskan untuk mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas perharinya.

3. Mengonsumsi Makanan Serat
Makanan tinggi serat merupakan makanan terbaik untuk mencegah usus buntu. Sebab, peradangan usus buntu diakibatkan oleh penumpukan feses. Oleh sebab itu, untuk mencegah sembelit baiknya mengonsumsi makanan tinggi serat.

Serat sangat baik untuk pencernaan sebab bisa melunakkan feses, sehingga buang air besar akan menjadi lancar. Feses yang keras ini bisa menyumbat usus, terutama usus buntu.

4. Batasi Pengonsumsian Alkohol dan kafein
Kedua zat tersebut termasuk salah satu yang bisa menimbulkan sembelit, dan sembelit merupakan kunci utama timbulnya peradangan usus buntu. Maka batasilah pengonsumsian kandungan zat-zat tersebut.

5. Mengonsumsi Vitamin A dan D
Selain serat, vitamin A dan D juga bisa membantu mencegah radang usus buntu. Vitamin A akan membantu sel darah putih dalam melawan infeksi, sedangkan vitamin D akan melawan infeksi dan bakteri pada tingkat lebih tinggi.



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...