Health

Sakit Pinggang, Akar Ilalang Solusinya

sumber;internet

PEKANBARU -  Ilalang atau bisa disebut juga dengan nama alang-alang, ialah sejenis tanaman bermanfaat yang tergolong obat herbal. Ilalang berasal dari Padang, dan bentuknya mirip dengan padi dengan tinggi 1-2 meter.

Meskipun pertumbuhannya dianggap sebagai parasit yang sangat mengganggu tanaman di sekitarnya. Namun ilalang menyimpan banyak sekali kandungan alami yang baik untuk kesehatan tubuh dan untuk pengobatan beragam jenis penyakit. Terutama pada bagian akarnya yang bisa dijadikan sebagai obat alami sakit pinggang.

Sakit pinggang ialah sensasi rasa nyeri di bagian pinggang yang sangat lumrah dirasakan oleh semua kalangan masyarakat. Dan bisa dirasakan oleh semua usia, dari remaja hingga lanjut usia. Biasanya, rasa nyeri akan muncul setelah penderita mengangkat beban berat, terlalu lama berdiri atau terlalu lama duduk.

Pada mulanya, pinggang akan terasa pegal, kemudian lama kelamaan terasa sakit seperti menusuk sehingga penderita sulit untuk berdiri tegak atau bergerak. Biasanya, kondisi sakit pinggang terjadi akiat mengangkat beban berat dengan postur tubuh yang tidak tepat. Berikut beberapa penyebab umum sakit pinggang :

  1. Lemak
  2. Gerakan tubuh secara tiba-tiba yang bisa menyebabkan sakit pinggang belakang
  3. Postur tubuh yang buruk
  4. Duduk terlalu lama
  5. Sakit perut atau lemah otot
  6. Saat mencoba mengambil sesuatu.

Cara Mengobati Sakit Pinggang dengan Akar Ilalang
Nah, bagi Anda yang mengalami sakit pinggang dan ingin segera mengobati masalah sakit pinggang tersebut. Tak perlu terlalu risau, kini Anda bisa mengobati sakit pinggang Anda secara alami dengan memanfaatkan akar ilalang.

Akar ilalang diketahui mengandung simplisia yang bersifat tonik, dan berkhasiat baik untuk pengobatan sakit pinggang. Selain itu, terkandung pula glukosa, manitol, arborinone, fernenol, arborinol, citric acid, malic acid dan lainnya.

Untuk cara pemanfaatannya pun cukup mudah. Anda cukup menyiapkan akar ilalang secukupnya, lalu cuci hingga bersih terlebih dahulu. Setelah itu rebus hingga mendidih. Setelah mendidih, ambil airnya dengan cara disaring lalu minum secara teratur setiap harinya 2 kali saja.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...