Life

Ini Yang Akan Terjadi Karena Sering Gendong Ransel Berat

Ilustrasi. (sumber;internet)

JAKARTA - Setiap bepergian kita sering menggunakan ransel yang berisi barang-barang berat. Tapi tahukah Anda, terlalu sering membawa ransel yang berat dapat mengganggu kesehatan dan bahkan dapat mengubah postur tubuh?

Dirangkum dari Nbcnews, Jumat (12/4/2019), ada empat akibat dari seringnya membawa ransel berat setiap hari:

1. Mengubah postur tubuh
Dari hasil penelitian, membawa tas yang beratnya melebihi 4 kilogram ternyata bisa berdampak bagi bentuk tubuh. Memakai tas berat perlahan bisa mengubah postur tubuh, efek jangka panjang dari beban berat yang sering dibawa membuat punggung sedikit demi sedikit menjadi bungkuk (Kyphosis).

Kyphosis adalah kelainan di lengkungan tulang belakang yang membuat punggung bagian atas terlihat membulat atau bengkok tidak normal. Setiap orang memiliki tulang belakang yang melengkung, pada kisaran 25 sampai 45 derajat. Akan tetapi pada penderita kifosis, kelengkungan tulang belakang bisa mencapai 50 derajat atau lebih. Kondisi tersebut membuat orang menjadi bungkuk.

Selain itu, membawa ransel terlalu berat mengakibatkan kelainan pada tulang lainnya seperti Skoliosis. Skoliosis adalah kondisi melengkungnya tulang belakang ke samping secara tidak normal. Membawa tas dengan beban berat dan menentengnya hanya dengan satu lengan menjadi pemicu skoliosis terjadi. Gejala skoliosis dapat dilihat dari perubahan penampilan dada, pinggul, atau bahu.

Sedangkan Anda bisa melihat gejala-gejalanya seperti, salah satu pinggul tampak menonjol, tubuh yang condong ke kiri atau ke kanan, salah satu bahu lebih tinggi, sampai panjang kaki tidak seimbang. Kelainan kelainan ini sangatlah berbahaya terutama bagi anak anak. Jadi sebaiknya kurangilah beban kamu ketika menggunakan tas ransel.

2. Kepala pusing
Seringnya membawa tas ransel berat bisa menyebabkan sakit kepala. Hal ini karena otot-otot tubuh dipaksa membawa berat ransel yang kamu bawa setiap hari. Bila otot-otot sekitar leher dan bahu menjadi pegal maka ini bisa menyebabkan rasa sakit hingga membuat kepala pusing.

3. Otot bahu menjadi tegang dan kaku
Otot bahu merupakan bagian tubuh paling terdampak akibat dari membawa ransel berat. Bila terlalu sering membawa tas yang berisi beban berat maka otot bahu akan menjadi tegang dan kaku.

4. Gangguan keseimbangan
Bahkan dampak lainnya membawa tas ransel berat adalah tubuh kamu akan mengalami gangguan keseimbangan. Membawa tas ransel berat akan merusak saraf dan tulang kamu, terutama tulang belakang yang berfungsi langsung untuk menahan berat bebannya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...