News

Ingat! Ini 21 Gunung Berstatus Diatas Normal di Indonesia

sumber;internet

JAKARTA - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana menetapkan 21 gunungapi dalam status di atas normal. Melansir laman Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Ahad (30/12/201) pukul 09.13 WIB, Gunung Sinabung di Sumatera Utara masih berstatus awas. Penetapan telah berlangsung sejak 2015.

Sedangkan penetapan yang terbaru adalah Gunung Anak Krakatau di perairan Selat Sunda yang berstatus siaga sejak 27 Desember 2018. Penetapan status gunung untuk merekomendasikan agar masyarakat bisa mengetahui jarak aman saat melakukan aktivitas di sekitar kawah gunung.

Berikut adalah 21 status gunung api di atas normal:

Status AWAS!

1. Gunung Sinabung


Gunung Sinabung adalah gunungapi di Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Gunung tertinggu kedua di Sumut ini pernah meletus pada 2018.

Status SIAGA!

1. Gunung Anak Krakatau
Gunung yang terbentuk akibat letusan gunung Krakatau pada 1883 ini mulai terlihat pada 1927. Erupsi gunung ini menjadi sebab Tsunami yang menerjang Lampung dan Banten.

2. Gunung Karangetang
Gunung Karangetang terletak di bagian utara Sulawesi Utara tepatnya di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Gunung ini memiliki ketinggian 1.828 mdpl dan terakhir meletus pada 2009.

3. Gunung Soputan
Gunung ini juga terletak di Sulawesi Utara, dan merupakan salah satu gunungapi teraktif di Sulawesi. Gunung Soputan terakhir meletus pada 2015.

4. Gunung Agung


Gunung tertinggi di pulau Bali ini memiliki ketinggian 3.031 mdpl. Gunung Agung terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Terakhir meletus pada 2017.

Status WASPADA!

1. Gunung Merapi
Gunung Merapi adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa, dekat dengan Yogyakarta, dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia.

2. Gunung Lewotolo
atau Gunung Ili Lewotolok atau Ile Ape adalah gunung berapi stratovolcano yang terletak di bagian utara Pulau Lembata, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Memiliki ketinggian 1.423 m dan Letusan terakhir pada 1951.

3. Gunung Api Banda
Gunung berapi, sekaligus sebuah pulau yang terletak di Laut Banda, Kepulauan Banda, Maluku. Pulau tingginya 656 meter dari permukaan laut. Meletus terakhir pada 1988.

4. Gunung Dempo
Berada di perbatasan Sumatera Selatan dan Bengkulu tepatnya di Pagaralam. Gunung memiliki tinggi 3.173 m. Letusan terakhir pada 2009.

5. Gunung Bromo
Atau dalam bahasa Tengger dieja "Brama" adalah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Letusan terakhir terjadi pada 2016.

6. Gunung Rinjani

Ilusttasi. (sumber;internet)
Gunung ini berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. Meletus terakhir pada 2010.

7. Gunung Lokon
Gunung yang berada di Kota Tomohon, Sulawesi Utara ini memiliki ketinggian 1.580 mdpl, dan meletus terakhir pada 2015.

8. Gunung Gamalama
Gunung stratovolcano kerucut yang merupakan keseluruhan Pulau Ternate, Kepulauan Maluku. Pulau ini ada di pesisir barat Pulau Halmahera. Letusan terakhir 2015.

9. Gunung Sangeang
Gunung yang berada di Bima, Nusa Tenggara Barat ini memiliki dua kerucut vulkanik, Doro Api 1.949 meter dan Doro Mantoi 1.795 m. Sangeang Api merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Kepulauan Sunda Kecil. Meletus pada tahun 1988.

10. Gunung Rokatenda
Atau juga disebut Gunung Paluweh adalah sebuah gunung berapi di Pulau Palu'e, sebelah utara Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Gunung ini merupakan lokasi tertinggi di Pulau Palu'e dengan ketinggian 875 meter.

11. Gunung Ibu
Adalah gunung stratovolcano yang berada di barat laut Pulau Halmahera, Maluku. Gunung ini memiliki ketinggian 1.325 mdpl dan meletus terakhir pada 2015.

12. Gunung Gamkonora
adalah gunung yang terletak di Pulau Halmahera, Maluku Utara. Puncak gunung ini merupakan titik tertinggi di pulau Halmahera, dengan ketinggian 1.560 mdpl. Gunung ini terakhir meletus 2007.

13. Gunung Semeru
atau Gunung Meru adalah sebuah gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut. Gunung wilayah Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang.

14. Gunung Marapi
adalah gunung berapi yang terletak di Sumatera Barat. Gunung ini tergolong gunung yang paling aktif di Sumatera. Terletak dalam kawasan administrasi Kabupaten Agam, dengan ketinggian 2.891 mdpl.

15. Gunung Dukono
Gunung ini berada di utara Pulau Halmahera, Maluku. Gunung Dukono terdiri dari beberapa kawah berapi dengan aktivitas tinggi. Ketinggian gunung 1.335 mdpl.

16. Gunung Kerinci
adalah gunung tertinggi di Sumatra, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. Gunung Kerinci terletak di Jambi, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang Provinsi Jambi.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...