News

Ternyata, 89 Desa di Riau Belum Berlistrik

ilustrasi (sumber;internet)

PEKANBARU - Sebanyak 89 desa dari 1.859 desa di provinsi Riau belum teraliri listrik. Ditargetkan tahun 2019 bisa mencapai 100 persen.

"Sebetulnya rasio desa berlistrik ini kita targetkan tahun 2018 bisa mencapai 100 persen, numun karena beberapa kendala tidak terpenuhi," kata Asisten II Setdaprov Riau, Masperi, Sabtu (5/12/2018).

Menurut mantan Sekdakab Rokan Hulu ini, belum semua desa di Riau dialiri listrik bukan sepenuhnya kesalahan pemerintah. Tapi karena infrastruktur ke daerah pedesaan dan pulau-pulau kurang mendukung, sehingga jaringan sulit dijangkau.

"Ini sebenarnya yang menjadi tidak tercapai 100 persen itu. Jadi bukan sepenuhnya kesahalan pemerintah," jelasnya.

Saat ini, sebut Masperi, desa-desa yang belum teraliri listrik itu sebagai penerangan menggunakan genset. Namun itu sifatnya hanya penanganan sementara.

Lebih lanjut disampaikannya, ketika jaringan sulit menjangkau daerah pedalaman dan pulau, maka solusinya harus ada pembangkit listrik di daerah tersebut. 

"Apakah itu Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) atau pembangkit lainnya. Sehingga itu bisa diberikan kepada masyarakat dan masyarakat membayar sesuai tarif," tukasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...