Tech

Waspada! Jangan Login ID Apple Sembarangan, Ini Bahayanya

sumber;internet

JAKARTA - Bagi pengguna perangkat Apple pasti memiliki ID Apple yang menjadi identitas yang harus dijaga keamanannya. Memberikan Apple ID ke sembarang orang berdampak kehilangan akses perangkat sendiri.

Tetapi, sering timbul pertanyaan, mengapa Anda tidak boleh memasukkan ID Apple orang lain pada iPhone atau iPad Anda, itu dikarenakan banyak orang yang sengaja melakukan itu untuk kejahatan siber.

Melalui keterangan resminya, saat Anda memasukkan ID Apple mereka ke perangkat Anda, secara efektif memungkinkan mereka untuk memblokir perangkat menggunakan fitur “Find My iPhone” di iCloud.

Fitur tersebut berguna untuk mencegah orang asing membaca seluruh isi dalam ponsel yang hilang dan menampilkan kontak di layar Anda, sehingga pencari dapat menghubungi Anda dan mengembalikannya.

Dengan memasukkan ID Apple orang asing, belum tentu perangkatnya sendiri hilang. Tetapi begitu seseorang memasukkan ID Apple orang lain, iPhone akan ditambahkan ke daftar seluruh perangkat yang berhubungan orang asing tersebut di iCloud, dan selanjutnya dapat melakukan apa pun yang mereka kehendaki.

Dengan demikian, fitur yang awalnya penting bagi Anda bisa berubah menjadi melayani tujuan kriminal. Pelaku kejahatan siber dapat menggunakannya untuk memblokir iPhone dan iPad, dan kemudian meminta tebusan.

Skandal ini sering terjadi pada pengguna di forum-forum yang berkaitan dengan Apple, dan kemudian meminta untuk memasukkan ID Apple mereka dengan berbagai alasan seperti "ponsel saya mati, kontak saya ada di iCloud, saya harus segera menghubungi bos, bisakah saya minta bantuan?” atau dalih apapun dengan nada meminta pertolongan.

Selain itu, jangan pernah biarkan seseorang memasukkan ID Apple kepada perangkat Anda walaupun dengan menggunakan tujuan jual beli.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...