News

4 Jenderal Perang Islam Terhebat Sepanjang Sejarah

Ilustrasi. (sumber;internet)

IDNJurnal - Islam memiliki sejarah panjang soal peperangan. Pertempuran di medan laga melahirkan para jenderal dan panglima perang yang kehebatannya melegenda.

Tariq bin Ziyad misalnya. Dia dikenal sebagai penakluk Spanyol dan diakui sebagai salah satu komandan Muslim terbesar sepanjang masa. Tahun 711 dia memimpin tentara Bani Ummayah, meluncurkan invasi ke Spanyol.

Tariq mendarat di Gibraltar pada bulan Mei dengan 10.000 orang dan memerintahkan mereka untuk membakar kapal mereka. Sehingga tak ada jalan keluar lagi bagi pasukannya selain maju untuk bertempur dan mengalahkan tentara musuh.

"Ke manakah kalian dapat melarikan diri sementara musuh berada di depan dan lautan berada di belakang kalian? Demi Allah! Tak ada keselamatan bagi kalian kecuali dalam keberanian dan keteguhan hati kalian," demikian pidato Tariq pada pasukannya.

Tariq dan pasukannya maju merebut satu demi satu kota dari kerajaan Visigoth. Raja Roderick tewas dalam sebuah pertempuran dan kemenangan jatuh pada pasukan Muslim. Tariq kemudian diangkat menjadi Gubernur Andalusia sebelum kelak dipanggil pulang ke negerinya.

Selain Tariq, berikut nama-nama panglima besar lainnya:

1. Khalid bin Walid


Selain dikenal sebagai Sahabat Nabi, Khalid bin Walid juga dikenal karena taktik militernya dan kehebatannya dalam bidang militer. Namanya harum sebagai panglima perang yang tak pernah kalah dalam setiap pertempuran. Bahkan dia dijuluki pedang Allah.

Selain itu Khalid juga memimpin pasukan Madinah dibawah kekuasaan Nabi Muhammad dan juga penerusnya seperti Abu Bakar dan Umar Bin Khattab. Pencapaian strategis yang pernah diraih saat penaklukan Arab selama Perang Riddah, Persia Mesopotamia hanya dalam waktu empat tahun pada tahun 632 ke 636.

Kehebatan Khalid juga terlihat saat pertempuran Yarmuk. Dia memimpin 40.000 tentara dan mengemban misi dari Khalifah Abu Bakar untuk menyatukan seluruh Timur Tengah di bawah bendera Islam. Musuh yang mereka hadapi adalah pasukan gabungan Armenia, Slavia, Ghassanid dan juga pasukan Romawi Timur berjumlah 150.000.

Dalam perang ini pasukan Islam mencapai kemenangan telak. Mereka merebut Palestina, Suriah dan Mesopotamia dari Kekaisaran Romawi Timur.

2. Salahuddin al Ayubbi


Salahuddin terkenal di dunia Muslim dan Kristen karena kepemimpinan dan sifatnya yang ksatria dan murah hati. Salahuddin juga adalah seorang ulama. Dia memberikan catatan kaki dan berbagai macam penjelasan dalam kitab hadits Abu Daud.

Salahuddin lahir di Tikrit, Irak modern, pada tahun 1137 atau 1138 di sebuah keluarga dengan keturunan Kurdi. Dia menjadi kepala pasukan militer Muslim di Mesir pada tahun 1169. Karir militernya dimulai di bawah komando pamannya, Shirkuh, dan dia mengikutinya ke berbagai pertempuran.

Dia memimpin pasukan Muslim dalam Perang Salib II. Merebut Jerusalem yang saat itu dipimpin Balian dari Ibelin dalam 12 hari pertempuran.

Istimewanya, Salahudin tak menyakiti satu pun tawanan dan melepaskan semua tentara kristen yang mau kembali ke Eropa.

3. Muhammad Alfatih


Muhammad Alfatih merupakan seorang Sultan Utsmaniyah yang menaklukkan Kekaisaran Romawi Timur tahun 1453. Dialah yang menembus kebuntuan Umat Islam selama berabad-abad untuk merebut Konstantinopel.

Usianya baru 21 tahun saat memimpin pengepungan ke kota Konstantinopel. Kunci kesuksesan Mehmed II adalah pada meriam-meriam raksasa yang mampu menjebol benteng kota yang tebal.

Selain itu dia memerintahkan agar kapal-kapal Utsmaniyah diangkut lewat darat untuk menghindari ranjau rantai yang dipasang di perairan Konstantinopel.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...