Health

Tahu Berapa Porsi Ideal Protein dalam Sehari? Ini Kata Ahli

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Protein merupakan sumber nutrisi penting untuk membangun otot dan jaringan lainnya serta membuat tubuh lebih berenergi. Tak hanya bermanfaat secara fisik tapi juga psikologis.

Awam diketahui jika protein sangat dibutuhkan untuk kerja hormon. Suasana hati dan pikiran kita sangat dipengaruhi oleh kondisi hormon ini. Untuk itu pastikan dalam menu harian Sahabat Dream terdapat sumber protein tinggi. Seperti telur, ikan, daging, ayam, ikan atau kacang-kacangan.

Lalu seberapa banyak protein yang kita butuhkan dalam sehari? Dokter Juwalita Surapsari, seorang pakar gizi memberi tahu perhitungan asupan protein harian yang harus dipenuhi.

Loading...

"Dalam sehari kebutuhan protein setiap orang itu berbeda-beda. Tapi secara umum kira-kira kalo protein itu 2-4 porsi sehari. 1 porsi kira-kira satu paha ayam ukuran 40 gram, ikan 40 gram, daging 35 gram itu pada orang yang normal," kata Juwita saat ditemui di Jakarta baru-baru ini.

Perlu diketahui bahwa kebutuhan protein harian setiap orang berbeda-beda tergantung pada berat badan, jenis kelamin, tinggi badan dan jenis aktivitas yang dijalani sehari-hari.

Asupan protein yang dibutuhkan bisa lebih tinggi, pada mereka yang melakukan aktivitas fisik yang berat. Seperti atlet atau mereka yang sedang dalam masa pemulihan. Jika tubuh kekurangan protein dampaknya akan terasa lemas, sakit kepala, emosi yang tidak stabil, insomnia, serta gelisah.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...