Health

5 Cara Mudah Cegah Batu Ginjal di Usia Muda

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Batu ginjal merupakan penyakit yang sangat merepotkan. Tak hanya menyebabkan nyeri dan sulit buang air kecil, komplikasi batu ginjal juga bisa menyebabkan terjadi gagal ginjal di kemudian hari.

Dilansir Himedik dari Harvard Health Publishing, batu ginjal terbentuk ketika adanya kristalisasi di ginjal dan bisa menyebar ke saluran kemih.

Kebanyakan batu terjadi ketika kalsium bergabung dengan salah satu dari dua zat, oksalat atau fosfor. Batu juga bisa terbentuk dari asam urat, yang terbentuk saat tubuh mencerna protein.

Ketika batu tersangkut di saluran kemih dan menghalangi laju urine, rasa nyeri akan timbul. Karena itu, cegah batu ginjal sejak sekarang, dengan cara-cara berikut ini:

Minum air putih


Minum air putih dapat mencairkan substansi dalam urine yang menyebabkan batu. Usahakan minum cukup cairan (kira-kira 8 gelas ukuran 8 ons) untuk mengeluarkan 2 liter urin per hari.

Mungkin bisa juga tambahkan beberapa minuman jeruk, seperti lemon dan jus jeruk. Sitrat dalam minuman ini membantu menghambat pembentukan batu.

Cukupi kebutuhan kalsium
Terlalu sedikit kalsium dalam makanan dapat menyebabkan kadar oksalat meningkat dan menyebabkan batu ginjal. Untuk mencegah hal itu terjadi, pastikan untuk mengonsumsi sejumlah kalsium sesuai kebutuhan harian.

Pria berusia 50 tahun ke atas harus mendapatkan 1.000 mg kalsium per hari, bersama dengan 800 hingga 1.000 unit internasional (IU) vitamin D untuk membantu tubuh menyerap kalsium. Namun, dapatkan kalsium dari makanan, karena beberapa penelitian mengaitkan penggunaan suplemen kalsium dengan batu ginjal.

Kurangi Natrium


Diet tinggi natrium dapat memicu batu ginjal karena meningkatkan jumlah kalsium dalam urin. Pedoman saat ini menyarankan membatasi asupan natrium harian total menjadi 2.300 mg.

Namun, jika sebelumnya pernah menderita batu ginjal yang disebabkan oleh natrium, cobalah kurangi asupan harian menjadi 1.500 mg.

Batasi protein hewani
Makan terlalu banyak protein hewani, seperti daging merah, unggas, telur, dan makanan laut, meningkatkan kadar asam urat dan dapat menyebabkan batu ginjal. Diet tinggi protein juga mengurangi kadar sitrat, bahan kimia dalam urine yang membantu mencegah pembentukan batu.

Hindari makanan pembentuk batu
Makanan kaya oksalat seperti bit, cokelat, bayam, rhubarb, teh, dan sebagian besar kacang, serta minuman berkarbonasi yang kaya akan fosfat, dapat berkontribusi pada batu ginjal.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...