Lingkungan

Gunung Everest Jadi Tempat Sampah Tertinggi di Dunia, Ini Penampakannya

sumber;internet

TIBET - Pemerintah China menutup base camp Gunung Everest melalui Tibet sampai waktu yang belum ditentukan. Keputusan diambil untuk membersihkan sampah yang menumpuk di puncak Gunung Everest. Saking banyaknya, puncak Everest menjelma sebagai tempat sampah tertinggi di dunia.

Dikabarkan South China Morning Post, keputusan penutupan base camp Gunung Everest di Tibet itu sebenarnya telah diumumkan sejak Januari 2019. Namun, hal ini baru menjadi perhatian publik beberapa hari terakhir. Pemicunya adalah laporan viral yang mengklaim jalur pendakian itu ditutup secara permanen.

Menanggapi kabar tersebut, pemerintah China menegaskan, penutupan hanya dilakukan sementara waktu. Pendaki masih diperbolehkan mengunjungi area sekitar Rangpo pada ketinggian 5.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sementara pendaki yang memiliki izin diperbolehkan mengunjungi base camp di ketinggian 5.200 mdpl.

"Area kunci bakal ditutup bagi turis sampai waktu yang belum ditentukan karena alasan konservasi ekologis," demikian penjelasan resmi dari otoritas China.

Seruan untuk melindungi Gunung Everest muncul seusai laporan tentang adanya sampah seberat 8,4 ton di puncak merebak. Sementara sampah di area kunci itu totalnya mencapai 335 ton. Selama ini, puncak Everest dikenal sebagai tempat sampah tertinggi di dunia.

Seperti diketahui, puncak Everest di Pegunungan Himalaya merupakan yang tertinggi di dunia. Gunung setinggi 8.848 mdpl tersebut memiliki keindahan salju abadi yang sangat menakjubkan. Namun, keindahan salju abadi tersebut dirusak oleh sampah yang dibawa pendaki.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...