Sport

Indonesia Tuan Rumah MotoGP 2021, Tapi Bukan Sentul

Ilustrasi. (sumber;internet)

JAKARTA - Indonesia dijadwalkan akan menjadi salah satu tuan rumah MotoGP yang dilaksanakan di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021 mendatang.

Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, Abdulbar M Mansoer mengatakan, pihaknya telah melakukan tandatangan kontrak dengan Dorna sebagai penyelenggara MotoGP. Dorna memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah MotoGP mulai 2021.

"Kita tandatangan kontrak di Januari dengan Dorna. Kita bersaing dengan Brasil, tetapi akhirnya kita yang dapat di 2021. Kita siapkan venue, bangun sirkuit," ujar dia di Jakarta, Kemarin.

Abdulbar mengungkapkan, untuk pembangunan sirkuit Mandalika, pihaknya menggandeng perusahaan asal Prancis, Vinci Contruction Grands Projects. Selain itu, ITDC juga telah mendapatkan pendanaan dari Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB).

"Pendanaan kita dapat, jadi akan dibangun. MotorGP balap motor terbesar di dunia. Penontonnya 400 juta, Indonesia nomor 2 setelah China, penontonnya. Dibangun oleh Vinci, ini kita bangun dari awal. Kalau di negara lain tidak," kata dia.

Abdulbar optimis pembangunan sirkuit sepanjang 4,3 kilometer (km) tersebut rampung pada 2021 sehingga bisa menarik wisatawan untuk menyaksikan MotoGP di Mandalika.

"Kita punya waktu 2 tahun. Diharapkan selesai 2021. Ini panjangnya 4,3 km dan dikelilingi oleh bukti dan pantai," tandas dia.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...