Life

Tanpa Obat Asam Urat Sembuh Total, Ini Caranya

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Dari berbagai jenis penyakit yang diakibatkan gaya hidup, asam urat adalah penyakit yang saat ini mulai banyak mendapat perhatian. Pasalnya, asam urat sekarang tak lagi diidentikan dengan penyakit orang tua. Karena, orang muda usia 30 tahun pun mulai banyak yang menunjukan gejala asam urat.

Penyakit ini disebabkan karena menumpuknya kadar asam urat dalam darah yang tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal. Asam urat sendiri berasal dari hasil metabolisme purin, sejenis protein yang banyak ditemukan dalam produk hewani dan minuman beralkohol.

Sebenarnya, purin dalam jumlah kecil bermanfaat untuk metabolisme tubuh. Namun jika jumlahnya terlalu banyak bisa mengakibatkan penumpukan asam urat yang tidak dapat dikeluarkan tubuh. Lalu, bisakah asam urat sembuh tanpa obat?

Sebenarnya, tujuan pengobatan asam urat bukan menghabiskan kadar purin dalam tubuh. Melainkan menguranginya hingga ke batas normal dan mempertahankannya dalam jumlah yang wajar sampai tidak lagi mengganggu fungsi tubuh.

Untuk kondisi asam urat yang parah, biasanya dokter akan membuat resep sembari menyarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Namun saat Anda baru merasakan gejala yang ringan, sebaiknya Anda mencoba menyembuhkannya sendiri dengan cara memodifikasi gaya hidup.

Prinsipnya cukup mudah, ‘jangan biarkan purin menumpuk di dalam tubuh sampai tidak bisa dibuang oleh ginjal’. Berikut merupakan beberapa cara menyembuhkan asam urat tanpa harus ke dokter terlebih dahulu:

Kurangi Makanan yang Mengandung Purin
Makanan yang mengandung purin ini biasanya berupa sumber protein hewani seperti kuning telur, udang, kepiting, daging kambing, daging sapi, daging ayam dan jeroan.

Perbanyak konsumsi makanan yang dapat melancarkan pencernaan dan proses sirkulasi seperti makanan yang banyak mengandung vitamin, mineral dan juga serat. Buah dan sayur-sayuran segar merupakan pilihan makanan yang bagus untuk para penyandang asam urat.

Perbanyak Konsumsi Air Putih
Perbanyak minum air putih setidaknya 2 liter per hari atau bahkan lebih ketika asam urat sedang parah-parahnya. Hal ini bisa membantu melancarkan aktivitas ginjal dan kandung kemih. Sehingga, makin banyak zat purin yang dikeluarkan dari dalam tubuh.

Diet Sehat dan Rutin Berolahraga
Melakukan diet sehat dan rutin berolahraga bisa melarutkan atau mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh. Bila Anda merasa kesakitan, tak perlu memaksakan melakukan olahraga berat. Anda bisa memilih olahraga ringan seperti yoga, jalann kaki, bersepeda. Lakukan dengan konsisten setiap minggu.

Nah itulah cara mengatasi asam urat tanpa obat. Namun seperti yang telah disebutkan di atas, jika kondisi asam urat sudah parah, biasanya dokter akan membuat resep dan menyarankan Anda untuk menerapkan gaya hidup sehat.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...