OtoTech

Rekomendasi, Main Game PUBG Hanya 2-3 Jam Saja

Ilustrasi. (sumber;internet)

JAKARTA - Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, pembatasan waktu bermain bisa diterapkan secara teknis di Indonesia. Dia mencontohkan, pembatasan waktu akan disesuaikan dengan umur pemainnya game.

"Umpamanya kategori anak 13 tahun, jam sekian mati, mati online-nya. Pertemuan tadi sharing gimana sih, ada benang merahnya 'yuk kita atur'," kata Semuel di kantor MUI, Jakarta, Kemarin. 

Namun dia mengatakan, belum ada keputusan soal pembatasan waktu main game dalam pertemuan dengan Majelis Ulama Indonesia dan sejumlah pihak terkait game kekerasan. 

Presiden Indonesia E-Sport Association, Eddy Lim mengatakan, setiap pengembang memiliki aturan pembatasan waktu bermain, namun belum disosialisasikan lebih jauh. 

Pembatasan waktu bermain game diyakini tidak mematikan game, namun mengurangi benefit permainan setelah melewati waktu pembatasan tersebut. 

"Sebenarnya sosialisasinya agak kurang. Kalau kita main game seperti PUBG itu disarankan 2-3 jam. Waktu kita main 2-3 jam itu kita dapat banyak benefit. Setelah lebih jadi buang waktu karena tidak dapat apa-apa lagi," kata dia. 

Tapi Eddy menegaskan, seluruh kegiatan yang dilakukan secara berlebihan tidak baik, termasuk bermain game hingga berjam-jam sangat tidak disarankan. 

Soal efektif atau tidaknya, Eddy, mengembalikan lagi pada penerbit dan pengembang game masing-masing. Alasannya mereka lah yang bisa mengontrol pembatasan waktu bermain itu. 

"Buat developer game menginginkan yang main banyak. Bukan satu orang main 12 jam. Waktu satu orang main 12 jam ya server dia penuh, investasi juga besar 10 juta orang selama 12 jam enggak pernah keluar," kata Eddy. 

Di India, sedang diujicoba pembatasan waktu bermain hingga enam jam untuk game PUBG. Akan ada notifikasi jika permainan sudah mencapai batasnya dan meminta untuk bermain keesokan harinya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...