Life

Pohon Tertinggi di Dunia ada di Kalimantan, Begini Penampakannya

sumber;internet

SABAH - Para ilmuwan telah berhasil mengidentifikasi dan memanjat pohon pemecah rekor tertinggi di dunia yang berada di Kalimantan, tingginya mencapai 330,7 kaki atau 100,8 meter. Area Konservasi Lembah Danum di Sabah adalah rumah bagi beberapa pohon tropis tertinggi di dunia dan penemuan terbaru ini telah diberi nama Menara, sebagai pohon tropis yang tertinggi saat ini.

Pohon Meranti kuning yang sangat besar pertama kali terlihat tahun lalu oleh tim dari University of Nottingham dan diukur menggunakan scan 3D serta bantuan penerbangan drone oleh para peneliti dari University of Oxford. Hingga akhirnya menemukan mana yang tertinggi. Salah satu peneliti, Dr Doreen Boyd, menekankan pentingnya penemuan ini.

"Ini adalah ilmu yang mengatakan bahwa pohon-pohon ini memang ada, mereka mencapai ketinggian yang mungkin belum pernah kita antisipasi dan akan ada pohon-pohon tinggi lainnya di luar sana yang belum ditemukan," katanya.

Seorang pendaki lokal, yang bernama Unding Jami, menggambarkan pendakian itu sebagai sesuatu yang "menakutkan dan berangin."

"Tapi jujur, pemandangan dari atas sungguh luar biasa," katanya.

"Saya tidak tahu harus berkata apa selain itu sangat, sangat, sangat menakjubkan." ucapnya antusias. Ia bahkan harus memasang tempat tidur gantung selama menunggu pendakian pertama yang membutuhkan waktu lama. Ini pasti akan menjadi pengalaman yang paling mengesankan dalam hidupnya.*

Artikelnya..




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...