Life

Olahraga Satu Jam Tiap Minggu Bisa Cegah Cacat Saat Tua

Ilustrasi. (sumber;internet)

JAKARTA - Kehilangan kemampuan bergerak melakukan aktivitas sehari-hari merupakan masalah yang banyak dialami orang tua. Untuk mencegah masalah kemampuan gerak ini,
peneliti menyarankan untuk mulai berolahraga secara rutin satu jam setiap minggunya.

Penelitian terbaru menunjukkan aktif secara fisik dapat membantu mencegah kecacatan atau penyakit sendi di hari tua. Ini merupakan studi sistematis pertama yang berhasil menemukan ukuran waktu minimum berolahraga untuk mencegah kecacatan.

Studi ini menyebutkan bahwa orang dewasa dengan gejala sendi yang mendapatkan setidaknya satu jam aktivitas fisik sedang hingga berat setiap minggu lebih mungkin bebas dari kecacatan setelah empat tahun dibandingkan yang tidak melakukan aktivitas fisik.

Studi yang dipublikasikan di American Journal of Preventive Medicine ini menganalisis orang yang berisiko tinggi mengalami kecacatan karena gejala ekstremitas bawah seperti sakit sendi
atau mengalami kekakuan. 

"Penelitian ini fokus pada orang dewasa dengan rasa sakit, pegal-pegal, atau kaku pada persendian bagian bawah seperti pinggul lutut, pergelangan kaki, karena mereka berisiko tinggi mengalami kecacatan," kata peneliti profesor reumatologi Dorothy D. Dunlop.

Peneliti memonitor aktivitas fisik partisipan dengan menggunakan accelerometer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang berolahraga setidaknya 56 menit per minggu memiliki risiko 86 persen lebih rendah mengalami penurunan mobilitas dibandingkan dengan mereka yang kurang berolahraga. 

"Satu jam per minggu merupakan kegiatan cepat dan mudah diingat," ucap Dunlop.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...