Life

Bumbu Dapur ini Buat Gula Darah Langsung Turun

Ilustrasi. (sumber;internet)

JAKARTA - Diabetes tipe 2 menyebabkan kadar gula darah seseorang menjadi terlalu tinggi. Dan jika tidak diobati, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Salah satu cara untuk mencegah kondisi ini adalah menjaga gula darah tetap normal.

Penyakit diabetes tipe 2 bahkan kini menjadi semakin umum ditemukan, baik anak muda hingga orang tua. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang yang melibatkan ginjal, mata, dan saraf.

Makanan memainkan peran besar dalam mengatur kadar gula darah, apakah Anda menderita diabetes tipe 2 atau tidak. Para ahli merekomendasikan berbagai macam makanan, termasuk
buah, sayuran dan bumbu dapur. Di mana mereka dapat menurunkan kadar gula darah.

Loading...

Salah satunya bumbu dapur ini. Banyak penelitian juga menunjukkan makanan tertentu memiliki sifat penurun gula darah, seperti bawang merah.

Bawang Merah Menurunkan Kadar Gula Darah
Sebuah studi yang melibatkan 42 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan, makan 100 gram bawang merah segar ampuh menurunkan kadar gula darah. Dan ini bekerja dalam waktu hanya empat jam saja.

Selain itu, sejumlah penelitian pada hewan telah menunjukkan, makan bawang bermanfaat mengontrol gula darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, tikus diabetes yang diberi
makan makanan yang mengandung 5 persen ekstrak bawang merah selama 28 hari, menunjukkan penurunan gula darah.

Bawang merah memiliki efek anti diabetes, yang berasal dari senyawa seperti quercetin dan belerang. Quercetin telah terbukti berinteraksi dengan sel-sel di usus kecil, pankreas, otot rangka, jaringan lemak dan hati untuk mengontrol regulasi gula darah.

Makanan Lain Penurun Gula Darah
Sebuah tinjauan tahun 2015 yang mengamati 16 studi menemukan bahwa, oat memiliki efek menguntungkan untuk menurunkan kadar gula darah pada diabetes tipe 2.

Para ahli mengatakan oat memiliki efek ini karena skor GI mereka rendah. Membuatnya cenderung menyebabkan penurunan kadar gula darah.

Oat, termasuk oatmeal dan oat bran, juga mengandung B-glukan, yang dapat mengurangi respon glukosa dan insulin setelah makan.

Tetapi dokter menyarankan, penderita diabetes jangan makan terlalu banyak gandum. Satu cangkir oat mengandung sekitar 28 gram karbohidrat. Karbohidrat diketahui meningkatkan kadar gula darah.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...