Eksbis

Bisnis Menjanjikan, Harta Karun itu Ada di Cacing Tanah

Ilustrasi. (sumber;internet)

PEKANBARU - Bagi sebagian orang, cacing tanah mungkin merupakan hewan yang kotor dan menjijikkan. Tapi tidak demikian bagi Zaifrinal, Direktur CV Budidaya Lestari. Ia sudah setahun lebih bergelut dengan cacing tanah dan mendapatkan keuntungan dari sana. Sejak tiga bulan terakhir ia pun mendirikan badan hukum untuk usahanya.

Pria yang biasa disapa Zainal ini sendiri mengelola usahanya di Jalan Cendrawasih, Gang Kakak Tua, Tangkerang Tengah. Saat ini, cacing tanah yang berada dalam kelolaannya mencapai tiga ton. Ia juga memiliki sekitar seratus mitra yang bekerjasama dengannya.

"Bisnis cacing tanah ini sangat menjanjikan. Cacing ini bisa menjadi pakan ternak, pakan ikan, pengobatan hingga kebutuhan kosmetik," kata Zainal pada Selasa (23/4/2019).

Zainal pun masih membuka terhadap mitra yang ingin bekerjasama dengannya. Ia akan menampung hasil panen cacing dari mitranya dengan perjanjian yang sudah disepakati sebelumnya. 

"Kita ada perjanjian yang disepakati dengan mitra terkait penampungan hasil panen. Khusus yang di atas 100 kg akan ada akta notaris," sebutnya.

Pembudidayaan cacing tanah ini sendiri cukup mudah. Yang dibutuhkan dalam untuk mengembangkannya yakni media tanah dan pakan yang bisa diperoleh dari limbah rumah tangga. Sedangkan perawatan cukup dua kali sehari berupa penggemburan tanah dan pemberian pakan.

"Siklus perkembangbiakan cacing juga relatif cepat. Dari perkembang biakan telur menjadi anak dalam dua minggu. Dan menjadi dewasa dalam dua bulan," ungkap Zainal

Setiap mitra juga akan dilatih dan diajarkan oleh perusahaan hingga mahir. Untuk memudahkan komunikasi dalam  pembinaan terhadap mitra  perusahaan membuat grup WA. Bagi mitra yang berprestasi perusahaan akan memberikan subsidi bibit. 

Perusahaan ini memberikan kesempatan bagi umum yang ingin memahami budidaya cacing dengan memberikan pelatihan yang dilaksanakan setiap hari Ahad mulai jam 09.00 WIB hingga selesai. 
"Bagi yang berminat untuk ikut pelatihan silahkan hubungi no hp. 0812 7625 5579 dan no WA. 082288368807," tutup Zainal.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...