Eksbis

Mulai Hari ini, Penerbangan Komersil dari Husein Dipindah ke Kertajati

Kertajati

BANDUNG - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara meminta semua pihak bergerak cepat melakukan penataan dan pengalihan penerbangan komersial pesawat jenis jet dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, ke Bandara Kertajati, Majalengka, berjalan optimal.

Menurut Direktur Jendral Perhubungan Udara Polana B Pramesti, pemerintah telah mengirimkan surat kepada para pihak terkait untuk segera melakukan pengalihan dan penataan yang mulai berlaku hari ini.

"Kami telah mengirimkan surat kepada stakeholder terkait untuk bergerak cepat melakukan hal-hal yang bisa memperlancar pengalihan dan penataan tersebut agar berjalan dengan optimal," ujar Polana dalam keterangannya Sabtu (15/62019).

Dalam Surat bernomor AV.004/0274/KUM/DRJU/VI/2019 tertanggal 13 Juni 2019, Dirjen Perhubungan Udara meminta PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT. Bandar Udara Internasional Jawa Barat agar segera menyiapkan fasilitas pokok maupun fasilitas pendukung di Bandar Udara Internasional Kertajati-Majalengka (KJT).

Perusahaan penerbangan itu diminta untuk segera mensosialisasikan peraturan keselamatan penerbangan dan melakukan sosialisasi intensif kepada penumpang maupun calon penumpang terkait pengalihan rute penerbangan.

Tidak hanya itu, Polana juga meminta Badan Usaha Angkutan Udara Niaga (Maskapai) membuat jadwal penyesuaian seluruh perizinan yang diperlukan dan melakukan sosialisasi secara intensif kepada penumpang dan calon penumpang terkait pengalihan rute penerbangan.

Kepada Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau Airnav Indonesia, Polana memberikan perintah agar menyiapkan publikasi penataan rute tersebut. 

"Airnav harus segera menyiapkan fasilitas teknis untuk pelayanan navigasi penerbangan internasional di Bandar Udara Kertajati-Majalengka (KJT) bersama dengan PT Angkasa Pura Cabang Bandar Udara Internasional Kertajati - Majalengka (KJT)," jelas Polana.

Selain itu, Polana juga memberikan surat perintah ke Indonesia Airport Slot Management (IASM) agar segera mengkoordinasikan perubahan slot dengan Badan Usaha Niaga Berjadwal di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara (BDO) dan bandar udara koneksinya (pairing) yang mengkoordinasikan pertukaran dan pemindahtanganan slot serta penambahan atau pengurangan slot penerbangan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...