News

Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud Telah Dibuka

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka pendaftaran beasiswa unggulan mulai 17 Juli hingga 9 Agustus 2019. Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kemendikbud Suharti PhD mengatakan, beasiswa unggulan tersebut ditujukan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Peningkatan kualitas tersebut, menurut Suharti, disediakan melalui penyediaan bantuan pendidikan dan pelatihan, baik melalui jalur gelar maupun nongelar. Beasiswa Unggulan menjadi salah satu bentuk bantuan jalur gelar.

Beasiswa unggulan Kemendikbud terdiri dari tiga kategori, yakni beasiswa unggulan masyarakat berprestasi, beasiswa unggulan 3T, dan beasiswa unggulan pegawai Kemendikbud. Beasiswa tersebut diperuntukkan bagi jenjang S1, S2 dan S3, baik mahasiswa baru maupun yang sudah berjalan.

Pendaftaran dilakukan secara daring melalui situs resmi Beasiswa Unggulan, yakni https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/. Beasiswa itu diutamakan untuk bidang-bidang yang relevan pada pengembangan pendidikan dan kebudayaan.

Program Beasiswa Unggulan juga mendukung upaya pemerintah dalam memperkecil kesenjangan kinerja pendidikan antar-kelompok masyarakat. Program ini, menurut Suharti, juga memberikan peluang lebih besar bagi masyarakat miskin dan yang tinggal di daerah tertinggal.

Pada 2016, Kemendikbud memberikan beasiswa kepada 1.433 mahasiswa. Setahun berikutnya, sebanyak 2.857 mahasiswa dan pada 2018 sebanyak 2.525 mahasiswa mendapatkan beasiswa.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...