Life

Gunakan Gadget Lebih dari 5 Jam Sehari Bisa Tingkatkan Risiko Obesitas

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Penggunaan smartphone merupakan hal yang sudah tak bisa dihindari lagi pada saat ini. Pada beberapa orang, smartphone ini bahkan digunakan setiap hari dalam tempo yang cukup lama.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa penggunaan smartphone ini menyebabkan menurunnya aktivitas fisik. Dilansir dari EurekAlert, pada akhirnya, hal ini bisa berujung munculnya obesitas pada seseorang.

Hasil penelitian ini telah dipresentasikan pada ACC Latin America Conference 2019. Diketahui bahwa mahasiswa yang menggunakan smartphone sepanjang lima jam atau lebih setiap hari memiliki risiko meningkatnya obesitas sebanyak 43 persen. Selain itu mereka cenderung memiliki kebiasaan gaya hidup ini yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

"Cukup penting untuk banyak orang tahu dan mewaspadainya. Walaupun teknologi ini sangat menarik karena berbagai tujuannya, mudah dibawa, nyaman, bisa mengakses banyak jaringan, serta merupakan sumber informasi dan hiburan, namun juga harus diperhatikan untuk meningkatkan perilaku dan kesehatan," terang Mirary Mantilla-Morrn dari Simn Bolvar University, Barranquilla, Kolombia dan peneliti utama temuan ini.

"Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan smartphone memunculkan perilaku tidak bergerak terus-menerus, mengurangi lamanya aktivitas fisik, yang meningkatkan risiko kematian prematur, diabetes, penyakit jantung, berbagai jenis kanker, ketidaknyamanan tulang dan sendi, serta gangguan muskuloskeletal," sambungnya.

Peneliti menganalisis 1060 siswa dari fakultas kesehatan di Simn Bolvar University selama Juni hingga Desember 2018. Grup yang diteliti ini terdiri dari 700 wanita dan 360 pria.

Usia rata-rata dari partisipan penelitian adalah 19 dan 20 tahun. Diketahui bahwa partisipan pria 26,1 persen lebih rentan kelebihan berat badan dan 42,6 persen dalam mengalami obesitas. Sedangkan wanita sebesar 63,9 persen lebih cenderung kelebihan berat badan dan 57,4 persen mengalami obesitas.

Peneliti menemukan bahwa risiko obesitas meningkat hingga 43 persen jika menggunakan smartphone selama lima jam atau lebih setiap hari. Partisipan juga dua kali lipat cenderung mengonsumsi minuman bergula, makanan cepat saji, permen, cemilan, serta mengalami penurunan aktivitas fisik.

Diketahui bahwa 26 persen dari partisipan yang kelebihan berat badan dan 4,6 persen dari mereka yang obesitas menghabiskan lebih dari lima jam di depan smartphone.

"Hasil penelitian ini membuat kami bisa menandai salah satu penyebab utama dari obesitas, salah satu faktor risiko untuk penyakit kardiovaskular," terang Mantilla-Morrn.

"Kami juga telah mengetahui bahwa jumlah waktu ketika seseorang terpapar penggunaan teknologi, secara spesifik penggunaan smartphone dalam waktu lama, dihubungkan dengan munculnya obesitas," tandasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...