Eksbis

Lebih Besar Gaji Sekda, 12 Walikota Usulkan Kenaikan Gaji ke Wapres

JAKARTA - Sebanyak 12 walikota yang merupakan ketua dan pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), mengusulkan kenaikan gaji kepala daerah ke Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Usulan itu disampaikan pengurus Apeksi saat audiensi bersama Wapres JK di Istana Wakil Presiden Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Jumat (30/8/2019).

Walikota Pekanbaru Firdaus yang juga Ketua Komwil Apeksi wilayah I Sumatera mengatakan, usulan kenaikan gaji bagi kepala daerah itu mengingat penghasilan sekretaris daerah (sekda) serta pimpinan perusahaan milik daerah jauh lebih besar dari gaji walikota. 

"Kata walikota lainnya (kepada wapres), penghasilan sekda jauh lebih besar," ujarnya.

Dari penjelasan wapres, terang walikota, ketimpangan gaji tersebut juga dialami presiden, wakil presiden dan para menteri. Yang mana, gaji pimpinan BUMN mencapai 5 kali lipat dibanding gaji kepala negara.

"Seperti presiden, itu gajinya sekitar Rp60 juta, wapres Rp42 juta dan menteri sekitar Rp25 juta. Walikota/bupati, itu hanya Rp6 juta. Jika dibandingkan dengan gaji direksi BUMN seperti Bank Indonesia, itu gajinya Rp300 juta per bulan," ucapnya.

"Artinya ada ketimpangan antara gaji kepala negara dengan BUMN. Begitu juga dengan gaji kepala daerah dengan pimpinan perusahaan milik daerah," ulas dia.

Untuk itu, di sisa masa jabatannya sebagai wapres sekitar 1 bulan 20 hari, pengurus Apeksi berharap usulan tersebut bisa diperjuangkan oleh JK.

"Karena usulan ini sebenarnya sudah lama, di masa kepemimpinan Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) lagi. Tapi sampai saat ini belum terlaksana karena banyak kepentingan-kepentingan politik," tutupnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...