Life

Kesehatan Kamu Bisa Dilihat dari Feses, Ini 5 Kategorinya

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Feses yang dihasilkan dari pola makan dan sistem metabolisme yang sehat bisa sangat bervariasi. Kendati begitu, ada beberapa ketentuan yang bisa menjadi standar feses sehat.

Jika feses yang keluar dari proses Buang Air Besar (BAB) tidak sesuai ketentuan, belum tentu ada gangguan tubuh. Namun ada baiknya segera berkonsultasi pada dokter terkait.

Berikut lima kategori yang menandakan feses sehat dikutip dari healthline.

1. Warna
Feses yang sehat memiliki warna kecokelatan, persis gambar tinja pada emoji. Warna ini berasal dari pemecahan sel darah merah yang menghasilkan bilirubin, zat pigmen dengan warna kecokelatan.

2. Bentuk
Bentuk feses yang sehat serupa batang kayu, mirip usus yang dilewati saat proses pengolahan makanan. Bentuk ini lebih nyaman dikeluarkan dari sistem pencernaan. Jika bentuknya berubah, sebaiknya segera mewaspadai kondisi tubuh.

3. Ukuran
Ukuran feses yang keluar tidak boleh terlalu besar atau kecil. Panjang feses berkisar 2 inci yang setara 5 sentimeter, sehingga bisa terasa nyaman dan mudah dikeluarkan.

4. Konsistensi
Tinja yang berasal dari pola hidup sehat dan kondisi tubuh yang baik tidak terlalu keras atau lembut. Jika sebaliknya dan cenderung tidak stabil bisa jadi tubuh kekurangan serat atau ada masalah pencernaan.

5. BAB tidak perlu waktu lama
Masyarakat umumnya mentoleransi jika BAB memerlukan waktu lama. Namun dengan feses yang sehat, biasanya BAB hanya perlu 10-15 menit. Jika BAB membutuhkan waktu terlalu lama, sebaiknya segera konsultasi dan memperbaiki pola hidup.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...