Lingkungan

Gawat! Jarak Pandang di Pekanbaru Hanya 300 Meter

sumber;internet

PEKANBARU - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih menyelimuti Kota Pekanbaru dan sejumlah daerah lainnya. Malah, hari ini di ibukota provinsi Riau itu kabut asap tempak lebih pekat, Jumat (13/9/2019). Bau menyengat sangat terasa menusuk hidung.

Langit juga tampak putih diselimuti kabut asap, bahkan cenderung mulai menguning. Tak hanya di luar ruangan saja, di dalam rumah pun bau asap sangat terasa.

"Asapnya makin parah. Buka pintu rumah tetangga nampak samar-samar saja karena pekatnya asap. Kalau yang pas di depan rumah masih jelas, kalau udah agak jauh langsung samar-samar," ujar Oni (56) warga Panam, Jumat (13/9/2019).

Ia memilih untuk menutup pintu dan jendela agar asap tak banyak masuk ke rumah. "Saya takut asma kambuh. Sebisa mungkin di rumah saja," keluhnya.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Marzuki mengatakan, hari ini Pekanbaru memang diselimuti asap. Bahkan untuk jarak pandang di Kota Bertuah hanya 300 meter.

"Pagi ini jarak pandang turun drastis. Pukul 07.00 WIB jarak pandang hanya 300 meter saja," ujar Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimstologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Marzuki, Jumat (13/9/2019).

Selain kota Pekanbaru, 3 wilayah lainnya juga diselimuti asap dan kondisinya juga parah. Jarak pandang tidak ada yang diatas 500 meter, semua di bawah 500 meter.

"Untuk yang paling parah itu Pelalawan yaitu hanya 200 meter, selanjutnya Indragiri Hulu 300 meter dan Kota Dumai hanya 400 meter," pungkasnya.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...