Life

Ini 7 Pintu Neraka dan Bentuk Siksaan Penghuninya

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Tahapan akhir setelah kehidupan manusia di dunia adalah akhirat. Di sini manusia akan mendapatkan ganjaran surga atau neraka. Tergantung dari amal dan perbuatannya.

Bagi manusia yang selama hidup di dunia berbuat kebaikan seperti bersedekah dan berzakat akan mendapatkan balasan surga yang keindahan tempatnya tidak bisa dibayangkan. Sebaliknya jika manusia yang selama hidupnya melakukan keburukan seperti mendustakan Allah dan Rasul-Nya, akan masuk ke dalam neraka dan akan mendapat siksa neraka.

Neraka merupakan tempat terburuk dengan segala keseramannya yang tidak akan bisa dibayangkan. Bahkan tidak terfikirkan oleh manusia akan seperti apa neraka tersebut. Disebut ada 7 pintu neraka dan tingkatan yang berbeda. Berikut 7 pintu neraka:

1. Neraka Hawiyah
Neraka ini letaknya paling dasar atau bawah. Golongan yang akan mengisi neraka hawiyah adalah orang-orang munafik, yang melakukan kebaikan tetapi hatinya mendustakan Allah SWT. Allah SWT menjelaskan soal neraka Hawiyah ini dalam Al Quran surat Al Qoriah ayat 10 dan 11:

Ayat 10: Wa m? adr?ka m? hiyah
Artinya: Dan tahukah kamu apa itu neraka Hawiyah?

Ayat 11: N?run ??miyah
Artinya: Adalah api yang sangat panas.

Selanjutnya di dalam Al Quran Surat Al-Nisa ayat 145 Allah berfirman:
Innal munaafiqiina fiiddarkil asfali minannaari walan tajida lahum nashiiran;
Artinya: Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan neraka yang paling bawah. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka.

2. Neraka Saqar
Neraka yang terletak di atas neraka hawiyah. Dijelaskan dalam Al Quran Surat Al Muddatsir ayat 42 sampai 46

Ayat 42: M? salakakum f? saqar
Artinya: "Apakah yang menyebabkan kamu masuk ke dalam Saqar (neraka)?"

Ayat 43: Qaaluuu lam naku minal mushalliin(a)
Artinya: Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan sholat

Ayat 44: Walam naku nuth'imul miskiin(a);
Artinya: Dan kami tidak (juga) memberi makan kepada orang miskin

Ayat 45: "Wakunnaa nakhuudhu ma'al khaa-idhiin(a);
Artinya: dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, (Al-Muddassir 74:45)

Ayat 46: "Wakunnaa nukadz-dzibu biyaumiddiin(i);
Artinya: dan adalah kami mendustakan hari pembalasan, (Al-Muddassir 74:46)

3. Neraka Jahim
Neraka Jahim seperti dijelaskan dalam Al Quran Surat Al Maidah ayat 10 akan diisi oleh orang-orang kafir yang mendustakan ayat-ayat Allah.

Dalam surat As Syu'ara ayat 91 disebutkan bahwa neraka ini dijanjikan akan diisi orang-orang yang sesat. Seperti menyembah berhala dan sapi, nanti yang akan menyiksa golongan ini adalah apa yang mereka sembah, karena syirik berarti mempercayai ada makhluk yang lebih hebat dan berkuasa dibanding Allah SWT.

4. Neraka Sa'ir
Dikutip dari nu.or.id, Dalam Al-Quran, makna Sa'ir itu sendiri adalah 'menyala-nyala.' Seperti dilukiskan dalam Al Quran Surat al-Mulk, neraka ini merupakan seburuk-buruknya tempat kembali. Tatkala dilemparkan ke dalam neraka ini, para penghuninya akan mendengar suara yang mengerikan. Golongan yang akan menghuni neraka sa'ir adalah orang-orang yang mengambil harta anak yatim dan tidak menunaikan zakat.

"Bahwasannya orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan aniaya, sesungguhnya mereka memakan api sepenuh perutnya, dan nanti mereka akan dimasukkan ke dalam neraka sa'ir" (Q.S An-Nisa: 10). Orang-orang penghuni neraka sa'ir perut mereka akan diisi dan dipenuhi oleh api neraka, karena semasa hidup orang-orang ini memakan dan mengambil yang bukan hak miliknya.

5. Neraka Huthamah
Golongan orang-orang yang akan mengisi neraka huthamah adalah orang yang suka mengumpat dan menggibah. Neraka Huthamah digambarkan akan membakar manusia dari api neraka yang panasnya beribu-ribu kali lipat dari panas api dunia, dan api akan menyala serta membakar hingga ke hati manusia.

6. Neraka Lazha
Golongan yang akan menghuni neraka lazha adalah orang-orang yang mendustakan Alquran, yaitu tidak percaya dan tidak mengimani apa yang ada di Alquran, berpaling dari keimanan dan mengikuti iblis laknatullah. Sifat tamak dan cinta duniawi akan mengisi neraka lazha yang di dalamnya ada api yang menyala-nyala sehingga api yang bergejolak akan mengupas kulit kepala mereka, dan membakar tubuh mereka.

7. Neraka Jahanam
Neraka jahanam merupakan tempat terburuk dan pintu yang paling atas (pertama), neraka yang paling dalam dan berat siksaanya. Rasulullah berkata "Seandainya neraka itu (jahanam) berlubang sebesar lubang jarum niscaya segenap penghuni dunia akan terbakar panasnya". Neraka jahanam dijaga oleh malaikat Zabaniyah dan membawa mereka dengan rantai yang dimasukan ke dalam mulut dan keluar dari duburnya, golongan yang akan mengisi neraka ini adalah orang-orang yang tidak sempat bertaubat hingga ajal menjemputnya, dan melakukan maksiat selama hidup di dunia.

Betapa pedih dan mengerikan neraka yang diciptakan Allah. Hal ini meyakinkan kita bahwa yang gaib yaitu alam surga dan neraka merupakan hal yang harus kita yakini dan percayai. Semoga ini menjadi gambaran agar selalu mengingat Allah SWT dan terus melakukan kebaikan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...