Life

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Era New Normal, ini Tips dr 'Cantik' Reisa

sumber;internet

JAKARTA - Memasuki new normal, kita dituntut untuk memiliki daya tahan tubuh yang baik agar tidak mudah terinfeksi virus Corona. Terlebih hingga kini belum ada obat atau vaksin yang benar-benar bisa mengatasi penyakit ini.

"Daya tahan tubuh kita juga harus dioptimalkan. Saat ini belum ada obat resmi yang diresmikan dan dapat menghentikan atau mengobati infeksi COVID-19," kata Anggota Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro dalam siaran update penanganan virus Corona COVID-19 di BNPB, Minggu (15/6/2020).

Karena itu, dr Reisa mengingatkan masyarakat agar menjaga daya tahan tubuh dengan cara mengonsumsi makan-makanan bergizi seimbang dan olahraga yang teratur. Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

1. Konsumsi karbohidrat
Dalam makan-makanan bergizi seimbang, karbohidrat menjadi salah satu asupan penting bagi tubuh. Sebab, karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi yang dibutuhkan tubuh dalam beraktivitas sehari-hari.

"Jenisnya bermacam-macam, seperti nasi, jagung, kentang, dan umbi-umbian. Jangan lupa ada sagu, sagu tinggi kandungan karbohidrat dan sangat baik menggantikan energi kita yang hilang," ucap dr Reisa.

2. Konsumsi protein
Protein berperan penting dalam mengatur metabolisme tubuh agar berjalan dengan baik. Sehingga sistem kekebalan tubuh pun menjadi lebih optimal.

"Sumber protein yang baik adalah hewani ataupun nabati, seperti kacang-kacangan, daging, telur, ayam, ikan dan lainnya juga tidak kalah penting," jelas dr Reisa.

3. Konsumsi sayur dan buah
Menurut dr Reisa, sayur dan buah-buahan merupakan sumber vitamin, serat, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih dalam menghadapi pandemi seperti ini.

"Vitamin yang direkomendasikan dalam masa pandemi, seperti ini adalah vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, E. Konsumsi mineral seperti zinc, selenium, dan zat besi sangat penting," sarannya.

4. Minum delapan gelas air per hari
Sebagian besar tubuh kita mengandung air, sehingga kekurangan cairan akan menyebabkan masalah kesehatan. dr Reisa menyarankan minum delapan gelas air per hari agar kebutuhan cairan tubuh dapat terpenuhi.

"Jangan sampai kita kekurangan cairan dan mineral," ujarnya.

5. Rutin berolahraga
dr Reisa mengatakan agar daya tahan tubuh tetap kuat, sebaiknya rutinlah berolahraga. Olahraga tidak perlu yang berat, tetapi sesuaikan dengan kemampuan masing-masing asalkan rutin dan teratur.

"Olahraga juga dapat menurunkan hormon stres, sehingga memberikan kekuatan tambahan pada sistem kekebalan tubuh," tuturnya.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...