Life

Tidur dengan Lampu Menyala Buat Wanita Gemuk, Ini Penjelasannya

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Tidur dalam kondisi gelap telah diketahui dapat membuat tubuh lebih sehat dan juga istirahat yang kita jalani lebih optimal. Sebuah penelitian terbaru menyebut bahwa tidur dengan lampu mati juga diketahui bisa membuat wanita terhindar dari risiko bertambahnya berat badan.

Dilansir dari The Health Site, berdasar percobaan yang dilakukan tersebut, diketahui bahwa wanita yang tidur di bawah cahaya buatan cenderung mengalami kenaikan berat badan atau obesitas. Hasil penelitian ini merupakan yang pertama menghubungkan paparan cahaya buatan di malam hari ketika tidur dan bertambahnya berat badan wanita.

Diketahui bahwa mematikan lampu ketika tidur dapat mengurangi dampak wanita menjadi obesitas.

"Penelitian ini memberikan strategi kesehatan publik untuk mengurangi terjadinya obesitas pada wanita," ungkap peneliti Yong-Moon (Mark) Park.

Tim peneliti menggunakan data kuisioner dari 43.772 wanita. Partisipan pada penelitian ini berusia antara 35-74 tahun, tidak memiliki riwayat kanker atau masalah kardiovaskular serta bukan pekerja shift, tidak tidur di siang hari, serta tak hamil ketika penelitian diadakan.

Selain kuisioner, peneliti juga melakukan pengukuran pada berat badan serta ukuran tubuh partisipan dan ditinjau kembali datanya lima tahun kemudian. Berdasar informasi ini, peneliti mempelajari bagaimana bertambahnya berat badan serta munculnya obesitas pada wanita yang terpapar cahaya buatan dibanding wanita yang tidur di ruang gelap.

Hasil penelitian ini kemudian dibedakan dengan tingkat paparan lampu yang diperoleh pada malam hari. Sebagai contoh, menggunakan lampu kecil tidak berdampak pada bertambahnya berat badan, sedangkan wanita yang tidur dengan lampu atau televisi menyala memiliki potensi 17 persen lebih besar bertambah 5 kilogram atau lebih.

Peneliti Chandra Jackson menggarisbawahi bahwa bagi banyak orang yang tinggal di perkotaan, cahaya lampu di malam hari lebih banyak muncul dan harus dipertimbangkan. Lampu jalan, lampu neon toko, dan sumber cahaya lain bisa menekan hormon tidur melatonin dan siklus sirkadian alami dari gelap dan terang.

"Manusia secara genetis beradaptasi dengan lingkungan alami yang terdiri dari cahaya matahari di siang hari dan kegelapan di malam hari," ungkap Jackson.

"Paparan terhadap cahaya buatan di malam hari mungkin mengubah hormon dan proses biologis lain dengan cara yang meningkatkan risiko kondisi kesehatan seperti obesitas," sambungnya.

Peneliti menyebut bahwa faktor membingungkan lain mungkin bisa menjelaskan hubungan antara cahaya buatan di malam hari dan bertambahnya berat badan.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...