Life

7 Cara Mengobati Pilek dengan Ramuan Alami

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA -  Cara mengobati pilek bisa dilakukan sendiri dengan beberapa bahan yang ada di rumah. Pilek merupakan kondisi di mana hidung mengeluarkan lendir yang diproduksi oleh saluran udara dalam hidung yang disebut dengan sinus. Meski terlihat sederhana, pilek rupanya cukup mengganggu aktivitas. Pilek sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :

Alergi. Seseorang bisa mengalami pilek jika terpapar zat atau kandungan yang memicu alergi seperti debu.
Infeksi. Pilek juga bisa terjadi saat virus menginfeksi hidung, tenggorokan, dan juga sinus.
Paparan udara dingin. Udara dingin juga dapat memicu saraf hidung untuk mengeluarkan cairan.
Efek samping obat. Beberapa obat yang dikonsumsi menimbulkan efek samping berupa pilek, seperti obat tekanan darah tinggi.
Pilek juga bisa menjadi salah satu gejala dari suatu penyakit. Biasanya pilek akan dibarengi dengan beberapa gejala lain seperti batuk, bersin-bersin, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, dan juga demam.

Meski kebanyakan akan sembuh dengan sendirinya, tapi kondisi pilek cukup mengganggu aktivitas. Untuk itu, Merdeka.com merangkum beberapa cara mengobati pilek dengan bahan alami yang ada di rumah :

Jahe
Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki rasa pedas dan hangat, serta efektif untuk melemaskan otot-otot saluran pernafasan. Jahe juga dapat membantu menangkal rasa mual akibat membuang ingus dan dahak secara terus menerus, mengembalikan stamina, serta memicu sistem imun tubuh untuk mempercepat proses pemulihan.

Caranya cukup dengan membuat ramuan wedang jahe sederhana, dengan menyiapakan dua ruas jahe yang sudah dibersihkan. Kemudian geprek jahe dan rebus menggunakan air hingga mendidih. Setelah itu, saring air rebusan jahe dan minum selagi hangat. Tambahkan madu atau gula jawa agar air jahe lebih enak dinikmati.

Madu
Madu juga terbukti banyak mengandung manfaat yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Hal ini dikarenakan madu mengandung sifat antimikroba yang bisa membantu sistem imunitas tubuh lebih efisien melawan peradangan akibat pilek. Cukup minum madu murni sebanyak satu sendok makan pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Daun Mint
Selain biasa digunakan untuk menyegarkan makanan dan minuman, ternyata daun mint juga mempunyai potensi untuk meredakan pilek. Ekstrak dari daun mint diketahui mirip seperti dekongesten, yaitu obat yang membantu mencairkan lendir penyebab mampet. Kita bisa mencampurkan daun mint ke dalam minuman hangat seperti teh yang kita minum.

Garam
Mengutip dari hellosehat, beberapa penelitian menyebutkan bahwa air garam dapat membantu mencegah gejala pilek jadi semakin parah. Hal ini dikarenakan, larutan air garam dapat membantu mencairkan lendir yang menempel di hidung dan tenggorokan. Cara mengobatinya dengan melarutkan setengah sendok air garam ke dalam satu gelas air hangat. Lalu, kumur-kumur dengan larutan garam tersebut dan buang. Larutan ini tidak dianjurkan untuk ditelan.

Sup dengan Bawang Putih
Bawang putih merupakan salah satu bahan dapur yang dipercaya mampu menyembuhkan flu dan pilek oleh masyarakat pada zaman dahulu. Di lansir dari jurnal Clinical Nutrition tahun 2012 melaporkan vitamin C dan senyawa allicin dalam bawang putih membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kuman penyakit.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, kita bisa mengunyah bawah secara mentah. Tetapi, tidak semua orang mampu memakan bawang mentah dengan mudah. Untuk itu, kita bisa memasak sup ayam dengan menambahkan lebih banyak bawang di dalamnya. Uap hangat dari sup juga bisa membantu melegakan hidung yang tersumbat.

Teh Hijau
Teh hijau dipercaya memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh terhadap virus flu. Untuk itu, konsumsi teh hijau bisa juga membantu meredakan pilek dan juga flu

Makanan Probiotik
Kita bisa mencari makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt. Carilah produk yang memiliki kandungan bakteri aktif. Probiotik adalah bakteri baik yang ada di dalam tubuh, dan bermanfaat untuk mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan.

Cara Mencegah Pilek

  • Hindari jarak dengan orang yang menderita pilek
  • Rutin mencuci tangan
  • Konsumsi makanan bergizi
  • Rutin olahraga untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Jika keluar rumah usahakan untuk menggunakan masker
  • Bisa melakukan vaksin flu setiap tahun.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...