News

Riau Status Siaga Darurat Banjir dan Longsor

sumber;internet

PEKANBARU - Setelah ratusan desa terendam banjir, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menetapkan status siaga darurat banjir dan longsor di provinsi Riau. Penetapan status berlangsung 11 hari ke depan, mulai 20-31 Desember 2019.

"Terhitung hari ini sampai 31 Desember kita tetapkan status siaga darurat banjir dan longsor. Riau ini termasuk provinsi rawan banjir dan longsor, sebab kita ada empat sungai besar," kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid, dalam rapat di kantor Gubernur Riau, Jumat (20/12/2019).

Yan Prana menyampaikan, saat ini ada 216 desa dari enam kabupaten/kota di Provinsi Riau terendam banjir. Keenam daerah itu diantaranya Rokan Hulu, Kampar, Rokan Hilir, Pelalawan, Kuansing dan Indragiri Hulu.

Yan Prana mengaku, pihaknya telah mengetahui penyebab terjadinya banjir dan longsor di Riau setiap tahunnya.

"Banjir dan longsor di Riau ini karena faktor penggundulan hutan, sehingga tidak ada penahan dan serapan air hujan. Karena itu air dengan bebas masuk sungai dan akhirnya meluap ke pemukiman masyarakat," ujarnya.

Apalagi, tambah Yan, penyebab banjir di di Riau juga disebabkan penggundulan hutan di wilayah hulu PLTA Koto Panjang Kampar.

"Tak hanya itu, drainese tanpa AMDAL, tanah tertutup semen, saluran pemukiman tersendat. Termasuk dibukanya pintu PLTA Koto Panjang Kampar," cakapnya.

Karenanya, Yan menyatakan pihak BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan Riau bersama TNI/Polri saat ini terus melakukan persiapan matang untuk melakukan antisipasi terjadinya banjir.

"Kita juga mengimbau masyarakat untuk antisipasi terjadinya banjir. Kalau terjadi banjir segera sampaikan ke petugas setempat, sehingga kita bisa dengan cepat melakukan penanggulangan banjir longsor. Kami dari awal sudah berkomitmen dan siaga untuk cepat menanggulangi korban banjir, sehingga tidak ada lagi keluhan masyarakat. Sejauh ini kita sudah dirikan posko pengungsian dan dapur umum untuk korban banjir," ujarnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...