News

Viral! Soal USBN di Palembang 'Ajarkan' Prilaku Seks Bebas

Ilustrasi pelaksanaan UASBN tingkat SMP. (Sumber;internet)

PALEMBANG - Jika akun media sosial Mendikbud dibanjiri meme-meme kocak dari siswa, namun ada hal lain yang viral terkait dunia pendidikan nasional ini. Salah satu soal yang terdapat dalam lembar USBN untuk tingkat SMP di Palembang terdapat unsur pornografi. Bagaimana bunyinya?

Dalam soal ujian pilihan ganda yang terdapat pada nomor 25, muncul pertanyaan yang tak wajar dan terlalu fulgar yakni "Berdasarkan penelitian, tempat yang biasa dijadikan lokasi seks bebas adalah?" Poin jawaban dari pilihan ganda yang tertera rupanya dibuat sesuai dengan pertanyaan yakni jawaban A. Rumah, B Taman, C Mobil dan D Hotel.

Kepala dinas Pendidikan Kota Palembang, Widodo sendiri terkejut dengan adanya pertanyaan pilihan ganda yang ada dalam lembar ujian USBN untuk tingkat SMP tersebut. "Kami akan lakukan investigasi dan kordinasi dengan pihak terkait, esensinya apa dari soal tersebut, pengetahuan tentang apa yang mau diuji terhadap pelajar melalui soal itu," katanya, Jumat (20/4/2018).

Menurutnya, tidak sekayaknya kata-kata seperti itu muncul dalam salam soal yang ujian. Apalagi disuguhkan pada pelajar yang masih belum cukup umur. Dia melanjutkan, dinas Pendidikan Kota Palembang yang memiliki kewenangan terhadap pendidikan SMP harusnya lebih selektif dalam memasukkan soal USBN, pantas atau tidak untuk diujikan.

"Tiap soal yang dibuat harus ada parameter dan kompetensi sasaran bagi siswa. Karena sebagaian USBN dibuat oleh daerah. Tim Penyusun soal juga perlu dilatih dan diawasi atas kualitas soal sebelum digunakan untuk menjaga hal-hal seperti ini terjadi," katanya.

Dia berharap kejadian seperti ini, tidak terjadi lagi di Sumatra Selatan. "Kami akan kordonasi ke Dinas Pendidikan Kabupaten/kota se Sumsel," pungkasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...