Eksbis

HK Targetkan Tol Trans Sumatera Rampung 2024

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) menyatakan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang menghubungkan Lampung hingga Aceh akan selesai 2024 mendatang. Penyelesaian pembangunan tersebut dilakukan untuk memenuhi arahan Presiden Jokowi.

Target penyelesaian proyek tersebut sudah disampaikan saat peresmian Tol Terbanggi besar- Pematang panggang- Kayuagung beberapa waktu lalu.

"Pembangunan diharapkan selesai pada 2024 dan bisa digunakan secara menyeluruh dari Aceh sampai Lampung," kata Dirut Hutama Karya Bintang Perbowo, Kemarin.

Bintang optimistis penyelesaian JTTS nantinya akan memberikan manfaat besar. Salah satu manfaat berkaitan dengan kecepatan waktu tempuh.

Keyakinan ia dasarkan pada penyelesaian pembangunan Tol Terbanggi Besar- Pematang Panggang- Kayu Agung. Menurutnya, setelah selesai, tol tersebut mampu memangkas waktu tempuh Palembang- Lampung yang biasanya mencapai 12 jam menjadi tinggal 4 jam saja.

"Jadi ini merupakan salah satu jalan yang dapat menyingkat waktu tempuh," katanya.

Tol Trans Sumatera rencananya dibangun sepanjang 2.675 kilometer. Tol terbagi dalam 24 ruas.

Total nilai investasi yang diperlukan untuk membangun tol tersebut mencapai Rp476 triliun. Untuk melaksanakan pembangunan tol tersebut, pemerintah telah memberi tugas khusus kepada Hutama Karya.

Untuk membantu Hutama Karya dalam menjalankan penugasan tersebut, pemerintah memberikan modal berbentuk Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp16,1 triliun. PMN tersebut diberikan pada kurun waktu 2015- 2017.

Selain itu, pemerintah juga memberikan dukungan berbentuk bantuan konstruksi  pada ruas Terbanggi Besar- Pematang Panjang- Kayuagung sepanjang 80 kilometer senilai Rp8,376 triliun.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...