Eksbis

Tingkatkan PAD Pekanbaru, Pajak dan Retribusi Digenjot dan OPD Bersinergi

PEKANBARU - Sesuai arahan Wali Kota Pekanbaru, DR. H. Firdaus, MT, Bapenda bersama 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki tugas retribusi harus bersinergi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pekanbaru. 

"Selain Bapenda, kita ada 11 OPD yang dapat menambah pendapatan daerah melalui retribusi. Ada Diskominfo, Disdukcapil, Dishub, Damkar, Dinas Perkim, Dunkes, DLHK, Dinas Pertanian, PUPR, DPP dan Bappeda. Kita kumpulkan semua, agar kita memilik persepsi yang sama dan bersinergi memaksimalkan potensi yang ada," ujar Asisten I Setdako Pekanbaru Azwan MSi.

Ia mengatakan pentingnya persamaan persepsi dan sinergi antar OPD ini juga tak lepas dari hasil capaian pendapatan daerah pada tahun 2019 lalu. Dari target PAD Bapenda Pekanbaru tahun lalu yang mencapai Rp 780 miliar, realisasinya Rp 627 miliar berada dikisaran 80 persen.

Sementara hasil kurang memuaskan terjadi pada pendapatan retribusi dari 11 OPD lainya. Dari target sekitar Rp 131 miliar, realisasinya hanya Rp 34,5 miliar atau tak sampai dikisaran 25 persen.

"Kemarin bersama Bapenda serta 11 Perwakilan OPD kita sudah mengevaluasi sektor-sektor mana yang dirasa kurang. Kedepan, kita perlu meningkatkan sinergitas antar OPD untuk mengoptimalkan potensi pendapatan yang ada," tukas Azwan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...