Tech

Membangun Brand di Era Digital, Ini Caranya

Ilustrasi Brand di Era Digital. (sumber;internet)

JAKARTA - Membangun citra pada merk atau yang biasa disebut dengan branding, menjadi faktor penting dalam dunia bisnis. Tidak terkecuali dengan bisnis startup yang belakangan banyak diminati oleh pengusaha khususnya generasi milenial.

Sebuah bisnis startup perlu melakukan branding yang ekstra, karena lini bisnis ini masih tergolong baru. Meskipun keberadaaannya sudah menjamur, namun masih banyak orang yang belum mengetahui apa dan bagaiamana cara kerja startup.

Namun, dalam melakukan branding Anda harus berhati hati, sebab kebanyakanm orang salah mengartikan fungsi dari branding sesungguhnya. Banyak orang yang justru berpendapat jika branding dan pemasaran merupakan sesuatu yang sama, padahal secara fungsui dua hal tersebut sangat jauh berbeda.

Dilansir dari halaman morebusiness.com berikut cara branding bisnis Startup yang dirangkum oleh Okezone:

Lakukan Promosi yang Efisien

Dalam melakukan branding, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu banyak. Yang Anda perlu adalah bagaimana bisa mengeluarkan uang dengan efektif.

Sebagai contohnya, Anda tidak perlu memasang iklan di seluruh media agar produk startup Anda dikenal oleh masyarakat. Yang Anda perlu pikirkan adalah bagaiaman produk Anda bisa dikenal masyarakat dengan langkah yang jauh lebih efektif.

Misalnya, Anda melakukan promo lewat media sosial. Media sosial merupakan media yang paling cocok untuk melakukan branding, karena di era digital ini banyak sekali masayrakat yang justru lebih tertarik melihat media sosial dibandingkan media lainya.

Punya Ciri Khas

Bagi sebuah startup, penting untuk menciptakan citra merek yang kuat yang menumbuhkan kepercayaan dan kesetiaan di pelanggan Anda. Dengan branding berkualitas, Anda harus mengaitkan merek Anda dengan pesan positif yang konsisten sehingga sulit bagi pesaing Anda untuk menguasai dan menjauhkan diri dari posisi Anda saat ini.

Dengan cara seperti itu, biasanya masyarakat akan lebih mengingatnya. Coba bandingkan jika produk tersebut tidak mempunya ciri khas serta sesuatu yang bermanfaat, jangan diingat, masayarkat justru akan acuh terhadap produk Anda.

Jangan Anti Kritik

Hal penting dalam sebuah branding untuk bisnis startup adalah bagaiman menerima masukan yang diberikan oleh masyarakat. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mengetahui apa saja keluhan dan saran dari masyarakat.

Ini adalah rahasia besar yang hanya para pengusaha cerdas yang berpikir jangka panjang tahu, strategi media sosial yang tepat dapat membantu startup Anda melompat. Pasalnya, 71% konsumen dengan pengalaman layanan media sosial yang baik dengan merek cenderung merekomendasikannya kepada orang lain! Jadi, branding sangat penting dalam industri startup saat ini yang akan "serba digital".

 Semua orang menggunakan ponsel pintar hari ini, setidaknya sebagian besar orang yang merupakan pelanggan potensial Anda. Dengan demikian, Anda harus membuat strategi yang memanfaatkan potensi ini.

Pikirkan tentang cara-cara untuk meningkatkan layanan pelanggan Anda melalui platform media sosial, buat dan bagikan konten, yang tidak hanya pelanggan Anda suka, tetapi mereka akan bagikan. Ini adalah hal-hal yang harus Anda lakukan untuk membuat merek, identitas dalam ruang yang semakin terisi hari demi hari.

Setiap hari, ratusan startup di berbagai sektor di seluruh dunia didorong ke titik tanpa harapan. Masalahnya, sebagian besar dari mereka tidak memiliki pengalaman atau sumber daya, itu karena mereka tidak membuat keputusan yang tepat, mereka tidak melakukan pekerjaan rumah mereka. Hal yang sama berlaku untuk Anda.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...