News

Siang Ini, 2 Pintu Waduk PLTA Koto Panjang Dibuka

sumber;internet

KAMPAR - Manajemen Waduk Unit Layanan PLTA Koto Panjang akan melakukan penambahan bukaan pintu air pelimpahan (Spillway Gate), Kamis (30/4/2020).

Plt Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munwar kepada pewarta mengatakan, penambahan bukaan pintu air dilakukan karena masih tingginya curah hujan di daerah hulu. Sehingga debit air (inflow) yang bermuara ke waduk PLTA Koto Panjang bertambah dan menyebabkan naiknya elevasi waduk.

"Kami informasikan bahwa akan dilakukan pembukaan 2 bukaan pintu air pelimpahan. Yang sebelumnya telah dilakukan 2 pembukaan pintu air 2x50 Cm, hari ini akan kembali dilakukan pembukaan 2 pintu air pelimpahan," ujar Cecep, Kamis (30/4/2020).

Pembukaan pintu akan dilakukan secara bertahap. Pembukaan pertama akan dilakukan satu pintu pada pukul 13.00 WIB. Setelah itu dilakukan lagi pembukaan pintu air kedua pada pukul 14.00 WIB.

"Jadi total hari ini akan ada 4 pintu pelimpahan air yang terbuka. Dengan tinggi masing-masing 50 Cm atau 4x50 Cm," jelasnya.

Masih kata Cecep, dengan dibukanya kembali 2 pintu pelimpahan air ini, diperkirakan akan ada kenaikan tinggi permukaan sungai hingga 90-110 Cm.

"Sebagai informasi, bukaan pintu pelimpah air ini masih aman untuk aktifitas warga yang beraktivitas di daerah aliran hilir sungai," imbuhnya.

Meski demikian, pihaknya tetap mengimbau masyarakat yang beraktifitas atau yang bertempat tinggal di sepanjang bantaran aliran sungai Kampar untuk berhati-hati dan waspada jika sewaktu-waktu terjadi banjir.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...