News

Cegah Penularan Wabah, Mahasiswa Kukerta Universitas Riau 2020 Bentuk Tim Relawan COVID-19

PEKANBARU - Mahasiswa Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Riau membentuk Relawan COVID 19 ditengah wabah pandemi saat ini. Tim Kukerta ini ialah salah satu kelompok mahasiswa yang dibentuk sebagai relawan edukasi dan pencegahan COVID-19 yang berada dibawah naungan Fakultas Kedokteran Universitas Riau dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau.

Bertepatan di posko Fakultas Kedokteran Universitas Riau dan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, kegiatan pencegahan dan pemberian bantuan dilakukan. Seperti yang dilaksanakan salah satu kelompok kukerta Akusara Warrior. Menurut Muhammad Faris Al-Hakim, salah seorang anggota Akusara Warrior, kukerta ini memiliki tujuan, visi dan misi untuk mencegah dan mengakhiri Pandemi Covid-19 ini diseluruh dunia umumnya, dan terkhusus di daerah Provinsi Riau. 

"Cara kami dengan memberikan edukasi secara online diberbagai media sosial berupa pembuatan poster, video edukasi. Sasaran virtual community kami diantaranya Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) yang memiliki penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, kolesterol dan penyakit kronis lainnya yang diketahui memiliki faktor komorbid karena lebih mudah terjangkitnya COVID19," terang Faris, Selasa (11/5/2020).

Selain itu, tambahnya, mereka juga melaksankaan kegiatan di posko relawan COVID-19 seperti menerima dan memberikan barang berupa Alat Pelindung Diri (APD) kepada rumah sakit dan instansi kesehatan lainnya, serta menjaga laboratorium biomolekuler COVID-19. Seluruh kegiatan tersebut dibimbing oleh Ns Agrina MKep Sp Kom PhD dan dr Dimas Pramita Nugraha MSc yang professional dibidangnya. 

“Kami sudah menyusun program kerja untuk Relawan COVID 19 untuk dilaksanakan. Program kerja kami bervariasi , kami berharap agar program kami berjalan lancar dan mendapat dukungan dari banyak pihak. Kami disini berjuang dalam menyampaikan edukasi dan pencegahan COVID-19 ini, mungkin dengan jumlah kami yang sedikit tidak akan mampu mengakhiri wabah ini, tetapi dengan kekuatan, tenaga dan semangat kita semua, kami yakin wabah COVID-19 ini akan segera berakhir,” ungkap mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau ini.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...